Kaba Agam

Sambut Idul Fitri 75 Ekor Sapi Dipotong di Bawan

Bawan, KABA12.com — Sambut hari raya Idul Fitri 1438 hijriah sebanyak 75 ekor sapi dipotong bersama masyarakat di kecamatan Ampek Nagari.

Prosesi pemotongan dilakukan serentak di 4 nagati di wilayah kecamatn tersebut mulai Jumat malam,(23/06) sampai Sabtu subuh (24/06) yang dibanjiri ratusan warga.

Prosesi pemotongan sapi untuk memenuhi kebutuhan daging masyatakat sambut hari raya Idul Fitri itu merupakan tradisi tahunan warga yang sangat ditunggu masyarakat baik di kampung maupun perantau.

Menurut Eki Marlind, kasi PNM Kecamatan Ampek Nagari kepada KABA12.com prosesi pemotongan sapi massal yang menjadi tradisi masyarakat setempat sejak dulu itu.menjadi salah satu ikon di kecamatan Ampek Nagati.

Dijelaskan Eki Marlind, Untuk kecamatan Ampek Nagari sampai pukul 02.00 WIB, Sabtu (24/06) tercatat sebanyak 75 ekor. Masing- masing di nagari Bawan 54 ekor, Nagari Sitanang 5 ekor, Nagari Sitalang 6 ekor dan nagari Batukambing 10 ekor, “itu data sementara dan kemungkinan akan bertambah,” sebut Eki Marlind.

Proses pemotongan sapi untuk kebuthan daging warga dalam hari raya Idul Fitri itu digear  serentak dipantau khusus petugas peternakan dan aparat kecamatan karena selain sebagai kegiatan rutin yang menjadi tradisi dan banyak dihaditi warga juga sebagai bagian dari program pemerintah untuk mendorong pengembangan potensi peternakan dan salah satu tolak ukur kesejahteraan masyarakat.

Dibanding tahun-tahun sebekumnya ada peningkatan jumlah hewan ternak yang dipotong warga di kecamatan Ampek Nagari.

(Harmen)

To Top