Kaba Terkini

Rutan Kelas IIB Maninjau Keluarkan 9 Narapidana

Maninjau, KABA12.com — Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mengeluarkan sebanyak 9 orang narapidana atau warga binaan pemasyarakatan pada awal tahun 2022.

Kepala Rutan Kelas IIB Maninjau Desrianto mengatakan, pengeluaran 9 orang warga binaan itu didasari oleh Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 32 tahun 2020 tentang syarat dan tata cara pemberian asimilasi, pembebasan bersyarat (PB), cuti menjelang bebas (CMB), dan cuti bersyarat (CB) bagi narapidana dan anak dalam rangka mencegah dan penanggulangan Covid-19.

Ia menyebut, pengeluaran narapidana melalui program asimilasi, pembebasan bersyarat, dan cuti bersyarat tersebut sebelumnya sudah diusulkan dan disetujui oleh pihak Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Sampai saat ini sudah 9 orang narapidana yang mendapat program pengeluaran, serta telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, salah satunya berkelakuan baik selama menjalani masa pembinaan di rutan,” ujarnya kepada KABA12.com, Sabtu (22/1).

Karutan menambahkan, pada Januari 2022 ini terdapat sebanyak 12 orang narapidana yang akan dikeluarkan melalui program asimilasi rumah, PB, dan CB. Namun saat ini baru 9 orang yang telah dikeluarkan, sisanya akan menyusul pada tanggal 27 Januari mendatang.

“3 orang narapidana lainnya akan menyusul pada 27 Januari 2022 untuk menjalani sisa pidana di rumah,” katanya.

Ia menyebut, pihaknya juga akan terus memantau dan mengawasi narapidana yang mendapat hak integrasi dan asimilasi rumah tersebut. Disamping itu, narapidana juga diharuskan untuk wajib lapor secara berkala kepada pihak Balai Pemasyarakatan (Bapas).

Secara khusus, pihaknya meminta kepada narapidana yang mendapat program pengeluaran dari rutan untuk tidak mengulangi perbuatannya, serta patuh terhadap hukum.

“Apabila mereka melanggar hukum lagi atau melakukan tindak pidana maka hak-haknya dicabut dan dikembalikan ke rutan/lapas, serta sisa pidana ditambahkan dengan pidana yang baru,” jelasnya.

(Bryan)

To Top