BPBD Kab. Agam

Ruas Palembayan-Palupuah Sudah Normal, Longsor Masih Mengancam

Palembayan, kaba12.com — Ruas jalan yang menghubungkan kecamatan Palembayan-Palupuah yang putus total akibat longsor yang terjadi di Simpang Patai Padang Bamban Selasa,(26/12) pagi, sudah kembali pulih dan bisa dilewati warga.

Upaya pembersihan baru rampung Selasa siang sekitar pukul 14.45 WIB setelah camat Palembayan Ade Harlien memimpin proses pembersihan material longsor.

Walau demikian mayoritas wilayah Palembayan masih terancam dan berpotensi longsor karena dibanyak ruas jalan rawan terban.

Camat Palembayan Ade Harlien kepada kaba12.com menyebutkan ruas jalan penghubung Palembayan-Palupuah yang longsor Selasa pagi sudah berhasil diatasi bersama aparat kecamatan gotong-royong secara manual.

Camat Palembagan Ade Harlien menyebutkan, ruas jalan yang longsor Selasa pagi berada di titik lain, karena Minggu kemarin ruas jalan itu juga putus total akibat longsor.

Disebutkan, proses pembersihan sudah rampung dititik yang terdampak longsor tersebut, namun pihaknya di lapangan masih siaga mengantisipasi berbagai kemungkinan karena cuaca buruk karena masih banyak titik yang labil dan rawan longsor.

Ruas jalan Palembayan terutama jalur Palembayan-Palupuah dan Palembayan-Matur sangat rawan longsor, bahkan dalam sepekan terakhir tercatat 5 titik longsor terjadi di wilayah itu. Untuk reaksi cepat selain pro-aktif warga, tim gabungan BPBD Agam bersama aparat kecamatan dan nagari, alat berat juga siaga di wilayah Palembayan.

(Harmen)

To Top