Kaba Terkini

Rombongan Pulbas KKTD Dilepas Gubernur Terpilih

Jakarta, KABA12.com –— Rombongan mudik atau Pulang Basamo (pulbas) Kerukunan Keluarga Tanah Datar (KKTD) Luhak Nan Tuo Jabodetabek dilepas oleh Gubernur DKI Terpilih Anis Baswedan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (22/06).

Ketua Umum KKTD, Dr.Yuherman mengatakan,
Pulang Basamo ini merupakan momentum yg bersejarah bagi keluarga besar KKTD karena selain setelah sekian lama event ini baru bisa diwujudkan.

“Pulang Basamo yang digagas KKTD Jabodetabek ini juga mengajak perantau Tanah Datar se Nusantara yang tergabung dalam KKTD/IKTD di berbagai kota, turut serta pulang kampung bersamaan dengan Idul Fitri di tahun 2017 ini,” ungkapnya.
Lebih lanjut Yuherman menjelaskan bahwa bersamaan dengan Pulang Basamo ini akan digelar Silaturahmi Nasional Perantau Tanah Datar dan musyawarah KKTD/IKTD se Indonesia untuk menyamakan persepsi dan mempersatukan perantau dalam membangun kampung halaman dan kemajuan anak nagari asal Luhak Nan Tuo.

Dari pengamatan di lapangan terlihat sejumlah bis dan ratusan mobil pribadi yang turut serta dalam Pulang Basamo ini.

Berbagai kegiatan akan digelar dalam rangka Pulang Basamo yang diikuti oleh Perantau Tanah Datar se Nusantara ini.

Djoni Sastra, selaku ketua panitia menyebutkan bahwa
Event pulbas meliputi Musyawarah KKTD/IKTD Nasional, Pacu Biduak di Danau Singkarak, silaturahmi nasional perantau Tanah Datar, festival baju tradisional Minang bagi seluruh peserta silaturahmi nasional.

Selain itu juga dilaksanakan pembukaan liga nagari, pertandingan persahabatan Ps. Perantau vs Ps. Pemda, sepak bola SSB, bakti bedah rumahdi 14 kecamatan, jalan sehat, pacu jawi dan hiburan rakyat, lainnya.

Berbagai hadiah pada setiap event telah disediakan, termasuk hadiah grand doorprize Umroh untuk jalan sehat dari KKTD Jabodetabek, donasi bola dan sejumlah kostum untuk liga nagari.

H. Yuherman juga menjelaskan bahwa Pulbas KKTD juga ikut memeriahkan festival takbir pada sabtu tgl 24 Juni yang digelar oleh Pemda Tanah Datar dan mendukung Bhayangkara expo yang diselenggarakan oleh Polres Tanah Datar dalam rangka hari Bhayangkara.

Ketua Umum KKTD ini juga mengharapkan event ini akan mampu menggugah dan meningkatkan persatuan, solidaritas dan kerja sama keluarga besar perantau Tanah Datar utk kemajuan Tanah Datar, baik masyaratat yang diperantauan maupun yang berada di ranah.

Dalam sambutannya, Yuherman juga menyampaikan kepada Anis bahwa warga yang pulang hari ini adalah masyarakat Tanah Datar yang turut serta memilih Anis pada Pilgub DKI yang lalu. Warga mendambakan perubahan dari Gubernur baru dan membawa kebaikan bagi masyarakat Jakarta, termasuk warga minang yang sebagian besar adalah pedagang.

Oleh sebab itu Yuherman meminta Gubernur Anis dapat memperhatikan mereka. Pada kesempatan itu Anis dipakaikan pakaian seragam pengurus KKTD sebagai tanda menjadikan Anis sebagai warga kehormatan warga KKTD Jabodetabek. Turut pula dipakaikan pakaian uniform KKTD Ketua Yayasan Istiqlal Indonesia, Rusli Effendi, tokoh asal Riau yang juga “sumando” orang Tanah Datar.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jakarta terpilih, Anis Baswedan, mengapresiasi kebersamaan warga KKTD dan mengharapkan peserta Pulang Basamo menjadikan peristiwa ini untuk menanamkan kecintaan dan kebersamaan kepada anak-anak sebagai generasi penerus.

“Saya titip salam untuk keluarga, sanak saudara di Tanah Datar serta berharap semua kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan semua bisa kembali dengan selamat,” ujarnya.

Anis juga mengajak warga KKTD untuk bersama-sama membangun Jakarta agar Jakarta bukan hanya maju tapi juga bahagia warganya.

(Ophik)

To Top