Kaba Terkini

Revitalisasi Embung di Nagari Toboh Gadang, Tak Sekadar Resapan Air

Pariaman, KABA12.com — Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo berharap embung air desa yang berada di Sungai Abu Tabek Gadang di Korong Sawah Mansi Surau Kandang, Nagari Toboh Gadang, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Padangpariaman dapat meningkatkan ketahanan pangan dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat.

“Pemerintah juga berharap akan ada peningkatan pemanfaatan embung dari hanya serapan air, juga sebagai wisata dan sarana olahraga, kolam renang setengah hektar, lapangan¬† bola dan parkir satu setengah hektar di areal yang hanya 4,5 hektar ini,” sebutnya usai ground breaking dan peletakan batu pertama pembangunan embung di Nagari Toboh Gadang Padangpariaman, Sabtu (13/05).

Menurutnya, dana desa telah meningkatkan status desa menjadi maju dan berkembang. Tahun lalu tercapai 11.000 desa berkembang yang awalnya tertinggal dan 7.000 desa maju, “melebihi target RPJM 2019 yaitu 5.000 desa berkembang dan 2.000 desa maju,? ungkapnya.

Ia menambahkan, jumlah kucuran dana desa dari tahun ke tahun meningkat, namun ada prasyarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan peningkatan tersebut.

“Presiden berjanji akan menambahkan dana desa jika desa/nagari bisa menjalankan empat program prioritas Kemendes PDTT seperti, menentukan produk unggulan desa, Bumdes sebagai mesin penggerak ekonomi rakyat, membangun embung air desa, dan menciptakan sarana olahraga,” tegasnya.

(Jaswit)

To Top