Kaba Terkini

PS5 Tak Gunakan Chip APU

Tekno, KABA12.com — Melihat usia PlayStation 4 (PS4) yang terbilang sudah cukup lama, tak mengejutkan kalau kabar soal pengembangan penerusnya sudah mulai muncul. Konsol game ini pun konon menjanjikan spesifikasi yang tak main-main.

Sejatinya PS4 saja sudah punya spesifikasi yang layak diperhitungkan. Menggunakan komponen yang serba dikustomisasi, konsol game besutan Sony tersebut sudah mampu menyodorkan kemampuan grafis yang sangat mampu memanjakan gamer.

Tapi kalau kemampuan PS4 saja sudah sangat memuaskan, maka PlayStation 5 (PS5) menjanjikan pengalaman yang lebih baik lagi. Pasalnya dari sisi spesifikasi kabarnya PS5 akan setara dengan sebuah PC game seharga belasan juta Rupiah.

Seperti dilansir TweakTown, Jumat (30/06), sebuah informasi menyebut kalau PS5 tak lagi menggunakan chip grafis yang tertanam bersamaan dengan prosesor yang digunakan. Atau yang lebih dikenal sebagai chip APU.

PS5 disebut akan menggunakan kartu grafis yang benar-benar terdedikasi sendiri alias terpisah. Jadi seperti yang biasa digunakan di PC game. Lebih menariknya lagi, kartu grafis yang digunakannya pun disebut-sebut akan mempunyai performa yang setara dengan Nvidia Geforce GTX 1070 atau AMD Vega.

Sebagai informasi, kartu grafis Geforce GTX 1070 saat ini dibanderol di kisaran Rp 6 jutaan.

Bila spekulasi ini benar, maka dipastikan PS5 akan mampu memberikan pengalaman bermain game yang melompat cukup signifikan dari PS4, terutama dari sisi grafis. Selain itu penggunaan VGA kelas ‘dewa’ di PS5 juga seakan membuka jalan untuk eranya game-game berbasis virtual reality (VR).

Meski sangat menjanjikan, tapi PS5 masih belum akan hadir tahun 2017 ini. Calon konsol terbaru Sony ini mungkin baru akan diumumkan kehadirannya di 2018, itu pun sepertinya tidak akan langsung dipasarkan.

(Dany)

To Top