Kaba Terkini

Prestasi MTQ Tanah Datar Turun

Pariaman, KABA12.com — Meski gagal menjadi juara umum pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-37 tingkat Provinsi Sumbar di Kota Pariaman, kafilah MTQ kabupaten Tanah Datar sukses membawa tiga medali emas.

Ketiga peserta tersebut Yahdi Yani golongan hafiz 20 juz putrid, Irfan Eko Juanda golongan Kitab Standar putra dan Nofri Deswita golongan Khat Naskah putri, “ ketiga kafilah terbaik satu menerima bonus Rp 27 juta,” ujar Kabag Kesra Sekab Tanah Datar Afrizon usai penutupan MTQ di kota Pariaman, Sabtu (11/11).

Afrizon sangat mengapresiasi usaha yang telah dilakukan 59 kafilah, meski peringkat kabupaten Tanah Datar menurun dari yang sebelumnya. Pada MTQ ke-36 sebelumnya yang dilaksanakan di Sawahlunto, kabupaten Tanah Datar berada di posisi dua setelah kota Padang, namun kali ini merosot ke rangking empat setelah posisi tiga diisi kabupaten Padang Pariaman, diposisi dua ditempati tuan rumah kota Pariaman dan dirangking satu juara bertahan kota Padang.

Namun hal tersebut tidak membuat Qori dan Qoriah menyerah untuk terus menunjukan kualitasnya di ajang tingkat nasional tahun depan. Medali yang telah di peroleh merupakan modal maju untuk menjadi juara terbaik nantinya.

“Alhamdulillah kita bangga dan bahagia dengan kemauan keras para kafilah kita, hanya mungkin beberapa faktor yang masih belum berpihak. 59 kafilah kita sudah berjuang dan juga terimakasih untuk masyarakat yang telah mensuport serta yang datang langsung ke lokasi pemondokan member semangat kepada kita semua. Insyaalah kita akan memanage persiapan MTQ untuk dua tahun selanjutnya, dimulai dari MTQ kecamatan yang sedang berlangsung saat ini,” kata Afrizon.

Ia berharap pihak penyelenggara MTQ selanjutnya lebih konsisten dengan aturan yang telah ditetapkan serta lebih transparan dalam penilaian, “kita berharap untuk penyelenggaraan MTQ selanjutnya lebih komit dengan yang selalu kita gaungkan memang data NIK nya peserta berasal dari kabupaten/kota masing-masing, kita juga mendorong nilai MTQ itu dipapankan secara transparan,” harapnya.

Afrizon menambahkan, prestasi yang diraih kafilah kabupaten Tanah Datar pada MTQ ke-37 tahun 2017 di kota Pariaman diantaranya, tiga kafilah terbaik I yang mendapatkan medali emas, enam kafilah terbaik II dan enam orang kafilah terbaik III.

“Untuk Juara I kita beri bonus Rp 27 juta, Juara II menerima Rp 12 juta dan terbaik III menerima bonus Rp 6 juta. Sementara yang tidak dapat juara tetap diberi reward Rp 1 juta per orangnya,” sebut Kabag Kesra Tanah Datar.

Untuk persiapan MTQ ke-38 selanjutnya, Pemkab Tanah Datar akan mempersiapkan qori dan qoriah yang terbaik.

Diperkirakan yang menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ selanjutnya berada di antara Solok, kabupaten Solok dan Solok Selatan.

(Jaswit)

To Top