Kaba Terkini

Posko Damkar di Tanjung Raya Diresmikan, Naziruddin: Mimpi Warga Akhirnya Terwujud

Maninjau, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam telah meresmikan Posko Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (16/2).

Acara peresmian itu ditandai dengan penyemprotan air ke atas menggunakan armada Damkar Agam di halaman kantor Camat Tanjung Raya.

Prosesi peresmian diawali dengan apel gabungan yang diikuti personil Satpol PP-Damkar, BPBD, TNI-Polri, pemerintah kecamatan, dan walinagari se- Tanjung Raya.

Koordinator Walinagari se- Tanjung Raya, Naziruddin mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Agam yang sudah merealisasikan penambahan posko Damkar di wilayah Kecamatan Tanjung Raya.

Menurutnya, keberadaan posko Damkar di Kecamatan Tanjung Raya merupakan salah satu impian yang diidamkan oleh masyarakat sejak lama.

“Atas nama masyarakat dan walinagari se- Kecamatan Tanjung Raya, kami menyampaikan terimakasih banyak kepada Pemkab Agam yang telah menambah posko Damkar di Tanjung Raya. Semoga keberadaan posko ini dapat mempercepat proses penanganan bencana terutama musibah kebakaran,” ujar Naziruddin kepada wartawan usai apel gabungan.

Menurutnya, keberadaan posko Damkar di Tanjung Raya merupakan keinginan yang diimpikan masyarakat sejak dulu, agar penanganan bencana kebakaran bisa segera diatasi.

“Alhamdulillah, setelah bertahun-tahun menunggu, mimpi masyarakat itu akhirnya terwujud hari ini menyusul disiagakannya Posko Pemadam Kebakaran di Kecamatan Tanjung Raya,” katanya.

Disamping itu, pihaknya juga mengharapkan kepada pemerintah kabupaten untuk dapat merealisasikan alat berat ekskavator di Kecamatan Tanjung Raya mengingat wilayah itu sangat rawan terhadap potensi bencana alam, seperti tanah longsor.

“Kami sangat berharap agar alat berat ekskavator ataupun sejenisnya juga disediakan karena Tanjung Raya adalah salah satu daerah zona rawan bencana. Jika harapan itu terwujud, maka penanganan bencana alam bisa cepat teratasi,” ujar Walinagari Koto Malintang itu.

Sementara Plt Kepala Dinas Satpol PP-Damkar Agam Helton menyebutkan, posko Damkar tersebut disiagakan di samping kantor Camat Tanjung Raya tepatnya di Balairung Sosial. Sedangkan garasi kendaraan Damkar berada persis di samping kantor Walinagari Maninjau.

“Ada satu unit kendaraan Damkar kita stand by- kan disini. Sementara untuk personil disiagakan 2 X 24 jam sebanyak 10 orang yang dibagi menjadi 2 regu. Mereka itu merupakan orang-orang pilihan dan terlatih sesuai SOP penanganan bencana khususnya kebakaran,” ujarnya.

(Bryan)

To Top