Kaba Terkini

Polres Agam Gelar Jum’at Berkah di Sungai Jariang, Himbau Warga Jangan Gunakan Knalpot Racing

Kasat Lantas Polres Agam, Iptu Apriman Sural. (Foto: Bryan/KABA12)

Lubukbasung, kaba12.com — Jajaran kepolisian resor (Polres) Agam menggelar kegiatan Jum’at Berkah di Masjid Nurul Amal Sungai Jariang, Kecamatan Lubukbasung, Jum’at (20/1).

Kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah PJU Polres Agam diantaranya Kabag Ren AKP Yon Harison, Kasubbag Renproger AKP Sardiman, Kasat Lantas Iptu Apriman Sural, dan Kasat Intelkam AKP Roni.

Dalam kesempatan itu, Kasat Lantas Polres Iptu Apriman Sural mengajak masyarakat untuk tidak menggunakan knalpot racing pada kendaraan. Sebab suara keras yang ditimbulkan dapat menggangu kenyamanan masyarakat.

“Kami berharap agar para orang tua dapat mengingatkan anak-anaknya untuk tidak menggunakan knalpot racing pada kendaraan. Karena itu merupakan sebuah pelanggaran, dan dapat mengganggu kenyamanan masyarakat,” kata Iptu Apriman Sural dihadapan para jamaah.

Ia menambahkan, pihaknya mengintensifkan penegakan hukum terhadap sepeda motor yang menggunakan knalpot racing.

“Pengendara sepeda motor yang memakai knalpot racing akan diberi penegakan hukum berupa tilang untuk memberikan efek jera kepada pelanggar,” ujarnya.

Lebih lanjut disebutkan, ia juga menghimbau seluruh masyarakat untuk selalu patuh dan disiplin mentaati aturan lalu lintas saat berkendara. Hal bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

(Foto: Bryan KABA12)

Iptu Apriman Sural menyebut, kasus laka lantas di wilayah hukum Polres Agam mengalami peningkatan pada tahun 2022 dibanding dengan tahun 2021. Sementara korban kecelakaan di jalan raya didominasi oleh kalangan generasi muda atau pelajar.

“Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengajak anaknya agar selalu patuh terhadap aturan berlalu lintas. Seperti selalu memakai helm, memakai spion, tidak ngebut-ngebutan, dan memiliki SIM,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk selalu menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif.

“Kami himbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga Harkamtimbas yang kondusif, kemudian selalu meletakkan sepeda motor, ternak, ataupun barang berharga lainnya di tempat yang aman agar terhindar dari pencurian,” jelasnya.

(Bryan)

To Top