Kaba Terkini

Pokdarwis Nagari Koto Kaciak Ikuti Pelatihan Digitalisasi Branding

Koto Kaciak, KABA12.com — Sebanyak 30 orang anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sirantiah, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mengikuti pelatihan digitalisasi branding yang digelar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, Minggu (19/12).

Pelatihan yang dilaksanakan sehari penuh di Rumah Anduang Tirai, Nagari Koto Kaciak ini menghadirkan dua orang pemateri dari kalangan penggiat pariwisata Sumbar yaitu Beni Satria dan Ritno Kurniawan.

Kepala Disparpora Agam Syatria diwakili Kasi Ekonomi Kreatif, Adek Ariani mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) khususnya di pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurutnya, pelatihan ini merupakan kesempatan emas bagi Pokdarwis Koto Kaciak karena akan banyak ilmu pengetahuan yang didapat dari narasumber atau pemateri yang dihadirkan.

“Ini adalah kesempatan emas untuk meningkatkan pengetahuan di bidang digitalisasi branding pariwisata dan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, semua ilmu yang didapat diharapkan bisa menjadi motivasi dan diterapkan untuk pengembangan destinasi wisata yang ada di Nagari Koto Kaciak,” kata Adek.

Ia mengakui, Nagari Koto Kaciak memiliki banyak potensi yang harus dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Kendati begitu, pihaknya berharap agar pokdarwis bisa membuat paket wisata bagi pengunjung jika seluruh destinasi itu terkelola dengan maksimal.

“Selain itu, kita juga harus gencar mempromosikan semua destinasi wisata, produk, dan budaya di Nagari Koto Kaciak agar bisa diketahui banyak orang. Apalagi nagari ini juga terkenal dan memiliki potensi di bidang fashion yaitu gadebong/galembong khasnya, sehingga itu harus selalu dipromosikan terutama melalui media sosial,” ungkapnya.

Sementara itu, Walinagari Koto Kaciak Syawaldi menambahkan, kegiatan pembinaan ini dinilai sangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi dan membangun relasi kedepan.

“Kami atas nama pemerintah nagari sangat mengharapkan kepada pokdarwis agar ilmu pengetahuan yang didapat melalui pelatihan ini bisa diaplikasikan untuk pengembangan sektor pariwisata di Nagari Koto Kaciak,” katanya.

Disisi lain, walinagari juga menyebut bahwa dalam kepengurusan Pokdarwis terdapat dua orang anggota yang berpartisipasi dalam ajang pemilihan Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Agam 2021 beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah, dua orang putra putri Nagari Koto Kaciak berhasil meraih prestasi dalam ajang Uda Uni Agam tahun 2021, yaitu Syahri Dadi Setiadi sebagai Uda Wakil 1 Agam, dan Amelia Wulandari sebagai Uni Favorit,” ujarnya.

(Bryan)

To Top