BPBD Kab. Agam

Pohon Tumbang, Ruas Jalan Negara Tersekat

Ampek Angkek, kaba12.com — Dampak hujan lebat disertai angin kencang Minggu,(8/4) memicu beragam bencana di kabupaten Agam.

Salah satunya dampak hujan disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang di ruas jalan negara lintas Bukittinggi – Payakumbuh KM 10 , jorong Koto Hilalang, Kec. Ampek Angkek, Minggu, subuh sekitar pukul 05.00 WIB.
Akibat pohon tumbang menutupi sebagian ruas jalan dan ruas jalan yang dikenal padat tersebut hanya bisa dilewati dengan sistim buka tutup.

Tim BPBD Agam yang turun langsung ke lokasi kejadian dipimpin Kabid Kedaruratan dan Logistik Wahyu Bestari, SH bersama Satpol PP dan Damkar didampingi kasat Pol PP dan Damkar, PMI, staf Kecamatan dan nagari langsung melakukan evakuasi terhadap material pohon tumbang yang menutupi sebagian ruas jalan, setelah dilakukan evakuasi jalan sudah bisa kembali normal pukul 07.17 WIB

Kabid KL BPBD Agam Wahyu Bestari, SH, menyebutkan, dampak cuaca mulai ekstrem, berpotensi memicu beragam bencana di berbagai tempat di mayoritas wilayah Agam, mengingat banyaknya kawasan rawan di kabupaten Agam.

Wahyu Bestari menghimbau masyarakat Agam untuk selalu waspada termasuk pengguna jalan diharapkan selalu waspada jika melewati ruas jalan yang banyak pepohonan, untuk mengintisipasi pohon tumbang, dan segera menginformasikan pada petugas terkait jika terjadi musibah.
Termasuk masyarakat yang bermukim dekat pohon yang tinggi dan banyak pohon tua juga tetap waspada, ” kewaspadaan penting untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, ” sebut Wahyu Bestari lagi.

(Harmen)

To Top