Kaba Agam

Pimpin Upacara Peringatan Perang Kamang ke-116,Bupati Agam Ingatkan Jasmerah

Kamang Magek,kaba12 —- Seluruh elemen masyarakat diingatkan untuk selalu menghargai dan menghormati jasa para pahlawan dan para penduhulu, yang sudah rela mengorbankan segalanya untuk mengusir penjajah dari Bumi Pertiwi. Jasa para Pahlawan, mesti menjadi kekuatan penting untuk selalu berikhtiar membangun dan mendorong kemajuan untuk kesejahteraan masyarakat.

Bahkan, seluruh masyarakat Kabupaten Agam agar jangan sesekali melupakan sejarah ( jasmerah ), karena banyak pahlawan Bangsa Indonesia yang lahir dan berjuang untuk kemerdekaan, mengisi kemerdakaan bahkan berbuat untuk kemajuan bangsa ini tanpa pamrih dan ikhlas.

Hal itu, dinyatakan Bupati Agam Dr.Andriwarman, saat menjadi inspektur upacara peringatan Perang Kamang ke-116 yang dipusatkan di kantor camat Kamang Magek, Sabtu, (15/6).

Ditegaskan Andriwarman, tepat taggal 15 Juni 1908, menjadi hari paling bersejarah bagi bangsa Indonesia, khususnya di Sumatera Barat, karena menjadi moment puncak perlawanan masyarakat terhadap tirani penjajah Belanda, yang dikobarkan dengan perjuangan dan pergerakan masyarakat Kabupaten Agam yang meletus di Kamang, Kecamatan Kamang Magek dan Manggopoh, kecamatan Lubukbasung.

Berkobarnya perlawanan masyarakat Kabupaten Agam di dua wilayah itu, akibat derita keganasan penjajah apalagi dengan pemberlakuan belasting (pajak) yang mencekik kehidupan masyarakat, “ perlawanan yang dilakukan masyarakat Kabupaten Agam, baik di Kamang maupun di Manggopoh, menggetarkan kekuatan Belanda apalagi perlawanan yang dilakukan terus berlanjut, “ sebutnya.

Semangat kepahlawanan para pejuang Perang Kamang dan Perang Manggopoh, diharapkan menjadi cikal penting bagi seluruh elemen masyarakat agar dapat menjadi pendukung program pembangunan disegala sektor, apalagi saat ini Pemkab Agam sudah terus berbuat dan membangun.

Bupati Andriwarman meminta agar seluruh masyarakat Kabupaten Agam tidak melupakan sejarah, “sejarah ini akan terus diperlihara, diisi dengan semangat untuk terus berbuat, membangun, mendorong kokohnya kebersamaan, termasuk memperingati setiap tahun dan mendoakan para pahlawan, “ sebutnya.

Rangkaian peringatan Perang Kamang ke-116 yang dihadiri berbagai tokoh veteran dan keluarga pejuang termasuk para tokoh masyarakat tersebut berlangsung khidmat. Bahkan, Bupati Agam sengaja berziarah ke makam H.Jabang, tokoh pejuang Perang Kamang yang terkenal itu.

(HARMEN)

To Top