Kaba Terkini

Pilwana E-Voting Sukses di Agam, Pertama di Sumatera Kedua di Indonesia

Lubukbasung, kaba12.com — Kabupaten Agam dinilai sukses dalam melaksanakan pemilihan walinagari sistim e-voting. Bahkan dalam beberapa kali kegiatan Pilwana Serentak dalam beberapa tahun terakhir, sistim e-voting menjadi salah satu pusat perhatian masyarakat, karena efektif, tranparan dan cepat.

Pilwana Serentak sistim e-voting yang digelar di kabupaten Agam, merupakan satu-satunya daerah di Pulau Sumatera yang sukses melaksanakan. Bahkan di Indonesia, kabupaten Agam, tercatat sebagai daerah kedua setelah Kabupaten Jembrana, Propinsi Bali.

Seperti disebutkan Zulkarnain, Kepala Bidang Pemerintahan Nagari DPMN Agam, Zulkarnain saat ini seluruh wali nagari yang menjabat di Kabupaten Agam merupakan hasil pemilihan secara e-voting, “ dari 82 walinagari di kabupaten Agam saat ini, adalah hasil e-voting, dengan 3 kali kegiatan Pilwana, ” ujarnya.

Zulkarnain yang ditemui Rabu(15/12), disela pelantikan 25 walinagari terpilih hasil Pilwana Serentak 2021 beberapa waktu lalu menyebutkan, sistim e-voting di kabupaten Agam sendiri sudah diterapkan dalam kegiatan Pilwana Serentak tahun 2017 dan 2019, dan terakhir tahun 2021 ini.

Ditegaskan, di Sumbar, bahkan di Pulau Sumatera, kabupaten Agam merupakan daerah satu-satunya yang sudah melaksanakan pemilihan walinagari/desa menerapkan sistim e-voting, karena sistim ini memberi banyak kemudahan, transparan, dan hasil penghitungan suar bisa langsung terlihat.

Ditambahkan, keberhasilan kabupaten Agam dalam melaksanakan Pilwana Serentak sistim e-voting itu, sudah banyak menjadi contoh bagi daerah lain, tidak hanya di Sumbar, tapi juga beberapa daerah dari propinsi tetangga, “ Alhamdulillah, sistim pemilihan e-voting yang digunakan di kabupaten Agam, juga mengantongi penghargaan Inovasi Terbaik se-Indonesia, “ulas Zulkarnain.

HARMEN

To Top