Kaba Terkini

Persingkat Durasi Operasional, BPBD Geser Gudang Logistik ke Makodim Agam

Lubukbasung,kaba12 — Untuk mempermudah operasional lapangan dalam upaya penanganan dampak erupsi Gunung Marapi, BPBD Agam berencana menggeser posisi gudang logisitk ke Markas Kodim 0304/Agam karena lebih dekat menjangkau kawasan terdampak di dua kecamatan kabupaten Agam tersebut.

Rencana pemindahan gudang logistic khusus untuk penanganan dampak erupsi Gunung Marapi dari gudang logistic BPBD Agam di Lubukbasung ke Makodim Agam di Bukittinggi, menjadi salah satu agenda bahasan dari rapat evaluasi tim gabungan penanganan dampak erupsi dan sudah mendapat izin dari Bupati Agam dan Dandim 0304/Agam.

Direncanakan, proses pemindahan peralatan dan logistic penanganan dampak kebencanaan akan mulai dilakukan tim BPBD Agam bersama personil Kodim 0304/Agam, Rabu, (24/1), dimana untuk lokasi gudang logistic sudah disurvei bersama.

Rencana pemindahan gudang logistic untuk penanganan dampak erupsi Gunung Marapi itu disebutkan Bambang Warsito, kepala BPBD Agam yang menyebutkan, penggeseran lokasi gudang logistic itu sudah mendapat izin dari Bupati Agam dan Dandim 0304/Agam yang disetujui bersama tim gabungan.

Dijelaskan Bambang Warsito, pertimbangan memindahkan gudang logistic dalam rangkaian penanganan siaga darurat erupsi Gunung Marapi itu, karena lokasi gudang logistic Kodim 0304/Agam yang lebih dekat ke kawasan berpotensi terdampak baik ke wilayah Sungaipua maupun ke Canduang, ketimbang dari Lubukbasung dengan jarak tempuh yang cukup jauh sementara untuk kebutuhan logistic kerap bersifat darurat dan harus cepat.

Ditambahkan, pihaknya berencana akan memulai proses pemindahan logistic yang sebelumnya dipasok BNPN ke gudang logistic BPBD Agam di Padang Baru,Lubukbasung, Minggu, (21/1) lalu Rabu, (24/1) malam jika kondisi memungkinkan, mengingat Bupati Agam sudah menetapkan perpanjangan masa siaga darurat erupsi Gunung Marapi mulai diberlakukan Kamis, (25/1).

“ Kita akan upayakan secara bertahap, proses pemindahan logistic akan dimulai Rabu ini atau Kamis besok, karena gudang baru sudah disiapkan di Makodim 0304/Agam, “ sebut Bambang Warsito lagi.

(HARMEN)

To Top