Kaba Terkini

Peringatan Perang Kamang-Manggopoh Khidmad, Beragam Acara Digelar Masyarakat

Lubukbasung, kaba12.com — Puncak peringatan 114 tahun Perang Kamang dan Perang Manggopoh yang digelar serentak di dua lokasi berbeda Rabu,(15/6) berlangsung khitmad. Peringatan Perang Kamang dipusatkan di kantor camat Kamang Mangek dipimpin Bupati Agam Dr.Andri Warman, sementara peringatan Perang Manggopoh dipusatkan di kantor camat Lubukbasung.

Puncak peringatan Perang Kamang yang dipimpin Bupati Agam Dr.Andri Warman dihadiri ketua DPRD Agam Dr.Novi Irwan, ketua TP.PKK Agam Ny.Yenni Andri Warman, bersama para tokoh masyarakat dan keluarga para pejuang kemerdekaan di wilayah itu.

Dalam sambutannya, bupati Agam Dr.Andri Warman menyebutkan jiwa dan semangat serta makna luar biasa yang terkandung dalam kobaran perjuangan para pahlawan Perang Kamang dan Perang Manggopoh, memberi arti luar biasa bagi masyarakat kabupaten Agam.

Dibuktikan, hingga saat ini semangat perjuangan dan komitmen untuk terus mendorong kemajuan daerah, karena pesan moral yang selalu diamanahkan para pejuang adalah mengisi hasil perjuangan yang dilakukan para pahlawan itu untuk kemajuan dan mensejahterakan masyarakat.

Bupati Agam itu menghimbau masyarakat untuk selalu menghormati dan menghargai jasa para pahlawan, mengimplementasikannya dengan berbagai program mendorong kemajuan dan membangun daerah, sesuai harapan dan makna perjuangan yang dilakukan dengan mengorbankan harta benda bahkan nyawa untuk memperjuangkan kemerdekaan, “ bersama kita realisasikan nilai-nilai perjuangan itu dengan membangun daerah ini, “ungkap Andri Warman.

Usai memimpin upacara puncak peringatan Perang Kamang ke-114, Bupati Agam bersama jajaran Forkopimda menggelar ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan Perang Kamang yang dilanjutkan doa bersama di kompleks makam tersebut.

Kegiatan serupa dilakukan di kantor camat Lubukbasung. Namun sebelumnya, kegiatan tabur bunga dan ziarah digelar Rabu dini hari dipimpin Bupati Agam Dr.Andri Warman bersama unsur Forkompimda di makam pahlawan Perang Manggopoh di kompleks mesjid Pahlawan Manggopoh.

Dalam rangkaian peringatan Perang Kamang dan Perang Manggopoh ke-114 itu, berbagai kegiatan yang berlangsung hingga bulan Juli mendatang, yang melibatkan berbagai unsur masyarakat.

HARMEN

To Top