Kaba Pemko Bukittinggi

Pemko Bukittinggi Peringati HUT Kartini, Dekanasda dan HKG PKK 2019

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah kota Bukittinggi peringati Hari Kartini ke 140, Hari Ulang Tahun Dekranas ke 39 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47. Kegiatan ini dikemas menarik dan digelar dalam satu acara di Auditorium Perpusnas Bung Hatta Bukittinggi, Selasa (25/06).

Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Ny. Yesi Ramlan Nurmatias yang juga ketua Dekranasda dan Penasehat GOW, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memelihara nilai yang diajarkan Kartini dan nilai-nilai yang diwariskan kartini-kartini minang dengan sejarah perjuangan masing-masing. Selain itu, juga sebagai langkah untuk memelihara, melestarikan dan mengembangkan produk unggulan daerah dalam upaya menguasai pasar dalam dan luar negeri.

“Kita juga ingin membangun kemampuan inovasi produk dalam upaya pengembangan dan penguatan pasar serta memperkuat nilai-nilai sosial ekonomi masyarakat, melalui perkuatan dasawisma dan kelompok PKK RT RW,” ungkapnya.

Harapan Yesi, tiga acara sekaligus yang dilaksanakan ini akan semakin memperkuat jati diri perempuan Bukittinggi, sebagai perempuan yang bersedia berkiprah dalam kegiatan pembangunan, tetapi tidak meninggalkan jati diri sebagai istri, sebagai ibu dan sebagai anggota masyarakat.

“Kegiatan ini juga menambah rasa cinta kepada produk sendiri, memberikan rangsangan terhadap kemampuan cipta inovasi. Sengaja ditampilkan desainer lapis kedua, desainer muda yang kemapuan inovasinya telah membuat kita bangga. Begitu juga HKG PKK, kita perbaharui semangat kita untuk bekerja tanpa pamrih. Kita berniat menjadikan dasawisma sebagai motor dan kekuatan penggerak utama nilai-nilai kemasyarakatan yang ada,” ujar Yesi.

Ny. Yesi Ramlan Nurmatias pun juga membacakan sambutan Ketua Umum PKK Pusat dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo pada acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 Tahun 2019.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengatakan, dalam rangka memperingati hari Kartini diharapkan kembali dapat menanamkan nilai kerja keras Kartini dan ibu-ibu kuat lainnya. “Bagaimana menyampaikan dan menampilkan nilai kejuangan Ibu Kartini. Berbicara tentang Dekranasda, pemko mendukung kiprah dekranasda baik dalam mutu dan kualitas produk kita. Pemko berterima kasih kepada desainer yang telah berinovasi dan berupaya meningkatkan level bordiran kita,” ujar Ramlan.

Selanjutnya berkaitan dengan Ulang Tahun PKK, Wako menyampaikan, PKK menjadi mitra pemerintah. Banyak hal yang telah dibantu oleh PKK untuk program pemerintah. Tugas PKK tidak mudah. 10 program pokok PKK yaitu Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat, begitu bagus dan dikemas dengan baik.

“Karena itu, seluruh SKPD wajib mendukung. Karena kegiatan PKK merupakan organisasi berbasis masyarakat yang senantiasa tumbuh dan berkembang dalam pembangunan di Indonesia. Selain itu, keluarga juga diharapkan bisa menjadi benteng utama bagi keluarga yang berkepentingan luas,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, juga diberikan penghargaan kepada DR. Silvia Hanani Syafei Dosen IAIN Bukittinggi, sebagai pemerhati Program Pengarustamaan Gender di Bukittinggi, Hj. Anismar Asri sebagai figure yang konsisten melestarikan dan mengembangkan kerajinan border kerancang, Ibu Nislaili yang berjasa melestarikan dan mengembangkan kerajinan sulam.

Dan juga penghargaan PKK Award kepada beberapa Ny. Kemala Hayati Taufik istri Lurah Belakang Balok yang telah memberikan inspirasi ke banyak orang bagaimana menggerakkan dasawisma agar program pemerintah mendapat dukungan dari masyarakat atas peran dan keaktifan nya di TP PKK Bukittinggi.

(Ophik)

To Top