Kaba Bukittinggi

Pemko Bantu Fasilitas Olahraga Untuk Warga Berkebutuhan Khusus

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah kota Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga, memberikan bantuan sejumlah fasilitas olah raga kepada Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Bukittinggi. Bantuan itu diserahkan secara langsung oleh Walikota Bukittinggi didampingi Kadisparpora, Lurah Pakan Kurai, di Sekretariat Pertuni Bukittinggi, Sabtu (29/06).

Kepala Disparpora Bukittinggi, Erwin Umar, menjelaskan, bantuan yang diberikan ini, sebagai salah satu bentuk apresiasi dari pemerintah kota Bukittinggi terhadap masyarakat berkebutuhan khusus. Bantuan secara simbolis diserahkan dalam bentuk voucher sejumlah Rp 12.700.000,-.

“Bantuan itu diberikan dalam bentuk 3 unit papan catur khusus tuna netra, 3 unit Jam catur digital khusus tuna netra. 4 unit barbel khusus tuna netra, 1 unit meja pimpong khusus tuna netra dan 4 unit bet pimpong khusus tuna netra,” jelasnya.

Ketua Pertuni Bukittinggi, Salnita, atas nama Pertuni, mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah kota Bukittinggi dengan memberikan bantuan sarana olahraga ini. Saat ini, pertuni Bukittinggi memiliki anggota sebanyak 70 orang. Banyak kegiatan yang dilaksanakan, seperti pelatihan membaca Al Quran braile, olah raga, IT dan sejumlah kegiatan lainnya.

“Kami dari pertuni sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan pemko. Baru kali ini kami langsung didatangin Walikota. Hal ini tentu menjadi motivasi dan dapat menunjang berbagai kegiatan olah raga yang ditekuni oleh sejumlah anggota pertuni. Dimana, memang dari pertuni Bukittinggi, telah ikut menorehkan prestasi di berbagai bidang, khususnya bidang olahraga, mulai dari tingkat kota hingga tingkat provinsi Sumatera Barat,” ungkapnya.

Pertuni Bukittinggi juga berharap ada bantuan lain dari pemerintah, khususnya untuk pembiayaan kontrakan sekretariat yang berada di jalan Sawah Paduan, Pakan Kurai Bukittinggi ini. Selain itu, juga diharapkan bantuan lainnya, demi kelancaran pelaksanaan kegiatan pertuni di Bukittinggi.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengapresiasi kegiatan peningkatan SDM yang dilaksanakan oleh Pertuni Bukittinggi. Dimana, cukup banyak kegiatan positif yang dihasilkan dari Pertuni, bahkan menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Bukittinggi.

“Untuk itu, upaya itu tentu harus didorong terus dengan memfasilitasi kegiatan itu. Selain juga memang pemerintah akan terus berkonsentrasi dalam meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat di berbagai bidang, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus. Untuk kebutuhan yang disampaikan, kami akan coba mengkoordinasikannya dengan SKPD terkait, agar dapat dicarikan solusi terbaiknya,” ungkap Wako.

Setelah menyerahkan secara simbolis bantuan itu, Walikota juga menyempatkan diri bermain catur dengan salah seorang anggota pertuni Bukittinggi yang merupakan jebolan Psikologi Universitas Indonesia.

(Ophik)

To Top