Kaba Agam

Pemkab Agam Terus Upayakan Mandeh Siti Sebagai Pahlawan Nasional

Lubuk Basung, KABA12.com — Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria mengatakan, upacara bendera peringatan Perang Manggopoh tidak hanya seremonial belaka saja, namun diharapkan dapat menjadi semangat dan motivasi untuk menata kehidupan yang lebih baik.

“Kalau ingin merubah suatu kondisi tidak mungkin hanya berdiam diri saja, tapi disitu dibutuhkan nilai perjuangan dan pengorbanan. Ini sangat substansial sekali, bagaimana ruh perjuangan dan pengorbanan ini terus hidup,”kata Trinda Farhan Satria usai pelaksanaan upacara bendera peringatan Perang Manggopoh ke-111 di Halaman Kantor Camat Lubuk Basung, Sabtu (15/06).

Trinda Farhan Satria menambahkan, salah satu yang saat ini diperjuangkan oleh Pemerintah Kabupaten Agam adalah mengupayakan agar Siti Manggopoh dan Pahlawan Perang Kamang dikukuhkan oleh pemerintah pusat sebagai salah satu Pahlawan Nasional.

‘Hal itu masih dalam proses, mudah-mudahan proses ini bisa segera tuntas. Kita selalu kawal dan mengupayakan setiap tahunnya,”ujarnya.

Wabup Agam menyebutkan, kebanggaan memiliki pejuang seperti Mandeh Siti Manggopoh, tidak cukup hanya dengan melaksanakan upacara saja. Alangkah baiknya diwujudkan dalam bentuk aktivitas dan perilaku yang harmoni untuk menciptakan kemajuan.

(Ardi)

To Top