Agam

Pemkab.Agam Siapkan Calon Peserta Magang ke Jepang

Lubukbasung, KABA12.com — Sebanyak 100 pemuda Agam akan mengikuti pra seleksi untuk magang ke jepang.

Pemuda Agam yang magang ke Jepang harus melewati delapan tahapan yaitu, pemeriksaan administrasi awal, tes matematika dasar, kesamaptaan tubuh (cek fisik), ketahanan fisik, wawancara, tes kesehatan (medical check up), tes bahasa Jepang dan pembuatan paspor.

Seperti yang diungkapkan Kasi Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja, Kusma Betty, dalam waktu dekat, semua pemuda tersebut akan mengikuti tes kesehatan dan belajar bahasa jepang secara mandiri.

“Setelah mereka semua lulus hingga tingkat akhir dengan jumlah kuota yang tidak ditentukan, maka akan diberangkatkan ke Jepang sekitar akhir Agustus 2019,” katanya.

Lebih lanjut, mereka akan diberi uang saku sebesar Rp.8 juta hingga Rp.25 juta per bulan sesuai dengan tahapan-tahapan lama pekerjaan. Bulan pertama menerima Rp.8 juta, bulan ke-2 selama dua tahun menerima Rp.9 juta per bulan dan bulan ke-25 sampai habis kontrak sebesar Rp.10 juta. Mereka juga menerima asuransi hari tua Rp.50 juta ditambah tunjangan dana usaha sebesar Rp.70 juta untuk modal usaha.

Menyikapi hal itu, Bupati Agam melalui Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra, Yosefriawan mengatakan bahwa Negeri Jepang sangat dikenal dengan etos kerjanya yang tinggi serta menjunjung tinggi nilai kedisiplinan dalam bekerja. Oleh sebab itu para calon peserta magang ke Jepang dalam mengikuti tes harus serius dengan menjunjung nilai optimisme yang tinggi.

“Oleh sebab itu, jaga nama baik daerah dan negara. Buktikan bahwa anda orang pilihan yang membawa segudang ilmu dan sampai di rumah tidak lagi menjadi seorang pekerja,” ungkapnya

(Virgo/*)

To Top