Kaba Pasaman

Pasaman Ingin Raih Kejayaan Masa Lalu, 30 Sekretaris Ikuti Bimtek LPPD-IKK

Bukittinggi, kaba12.com — Kabupaten Agam ingin kembali meraih kejayaan seperti yang sudah dirilis beberapa tahun sebelumnya dalam kaitan optimalisasi pelayanan dan beragam prestasi yang diraih jajaran pemerintahan.

Upaya meraih kejayaan itu, makin maksimal dilakukan, salah satunya dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan pemutakhiran Indikator Kinerja Kunci (IKK) LPPD Tahun 2022 Selama 4 hari, mulai tanggal 8-11 November diikuti 30 peserta dari usur sekretaris OPD dan sekretaris kecamatan yang dibuka Sekab.Pasaman Mara Ondak, Selasa, (8/11) di Campago Resort Hotel Bukittinggi.

Dalam sambutannya, Sekab.Pasaman Mara Ondak menegaskan, pentingnya seluruh perserta untuk mengikuti Bimtek yang digelar dengan serius dan fokus, karena banyaknya ilmu dan pengalaman yang diperoleh untuk dimanfaatkan dalam upaya mendorong optimalnya pelayanan pemerintah terhadap masyarakat dan memacu kualitas kerja.

Ditegaskan Mara Ondak, keberadaan seluruh sekretaris OPD dan sekretaris kecamatan menjadi kunci penting dalam mendorong maksimalnya berbagai kegiatan yang sudah diprogramkan pemerintah, termasuk dalam pengelolaan administrasi dan tata naskah dinas serta berbagai tugas penting lainnya.

“ Para sekretaris adalah ujung tombak tertib administrasi yang menjadi pondasi penting optimalnya seluruh kegiatan yang sudah diprogramkan. Ini kunci penting dalam upaya meraih prestasi kerja. Kita ingin meraih kembali kejayaan masa lalu dalam prestasi kinerja tertinggi berupa Parasamya Purnakarya Nugraha, “ ujarnya.

Dijelaskan, LPPD merupakan rangkuman kegiatan pemerintah selama satu tahun, berbentuk laporan kinerja pemerintahan daerah dalam penyelenggaraan seluruh urusan kongkuren berdasarkan azas desentralisasi dan tugas perbantuan.

“Ini yang harus disempurnakan, karena selama lima tahun terakhir kita Pasaman selalu berada di urutan nomor dua di Sumatera Barat,” tegasnya.

Sementara menurut ketua panitia Bimtek, Dian Natylla S.STP, menjelaskan Bimtek LPPD ditujukan untuk penyamaan persepsi dalam penyusunan laporan penyelenggaran pemerintahan, sekaligus peningkatan kompetensi aparatur dan peningkatkan capaian kinerja Pemkab.Pasaman.

Dijelaskan, dalam Bimtek tersebut, dihadirkan berbagai pemakalah diantaranya Kasubdit Evaluasi Kinerja Wilayah III, Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Ditjend Otonomi Daerah Kemendagri, Dra.Imelda, M.AP, yang menyebut dalam evaluasinya mengungkap Pasaman tidak banyak catatan dalam koreksian LPPD.

“Dari catatan kami di kementerian, hanya 4 urusan OPD teknis saja agak bermasalah. Sementara untuk pelayanan dasar bagi masyarakat, hampir tidak ada, tinggal lagi review APIP-nya untuk lebih disempurnakan,” ungkap Imelda.

HARMEN

To Top