Kaba Terkini

Pandangan Umum Fraksi Terhadap Ranperda Hak Keuangan Anggota Dewan

Bukittinggi, KABA12.com — DPRD Bukittinggi menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi, terkait hantaran walikota atas ranperda ranperda tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Bukittinggi, Rabu (19/07).

Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial memimpin langsung rapat paripurna dihadiri walikota, pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda, sekda, asisten, kepala OPD, camat, lurah, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan sejumlah undangan lainnya.

Beny Yusrial menjelaskan, bahwa tujuh fraksi di DPRD Bukittinggi telah menyampaikan pandangan umumnya, terhadap dengan hantaran walikota, Selasa kemarin.

“Secara garis besar, ketujuh fraksi memberikan pertanyaan dan masukan terhadap hantaran kemarin. Ranperda ini pandangan umum tersebut akan dijawab oleh walikota dalam paripurna selanjutnya,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Walikota Bukittinggi telah mengantarkan rancangan perda yang terdiri dari 6 bab dan 30 pasal tersebut pada sidang paripurna DPRD Kota Bukittinggi kemarin siang.

“Secara konstitusional,  ranperda dimaksud merupakan perintah atau turunan langsung dari Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan administratif Pimpinan dan Anggota DPRD,” lanjutnya.

Sementara itu, Ibnu Asis, ketua Bapemperda DPRD, memberikan apresiasi tinggi atas respon cepat dan tanggap pemerintah kota Bukittinggi menyampaikan Ranperda dimaksud. “Kami memaknai hal ini sebagai cara pemerintah kota memposisikan kemitraan yang sejajar antara lembaga perwakilan rakyat dengan pemerintah daerah,” imbuh politisi PKS itu.

Sementara itu, walikota, Ramlan Nurmatias mengungkapkan apresiasi yang tinggi terhadap pandangan umum yang disampaikan oleh masing-masing fraksi.

“Kami dari eksekutif akan segera melakukan pembahasan atas pandangan umum tersebut dan akan dijawab  sesuai jadwal yang telah ditentukan. Semua masukan kita terima dan sesuaikan dengan regulasi yang ada,” ulasnya.

Menurut jadwal, Kamis (besok) akan dilaksanakan paripurna dengan agenda jawaban Walikota atas pandangan umum fraksi terhadap ranperda tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Bukittinggi itu.

(Ophik)

To Top