Kaba Pasaman

Objek Taman Bunga Puncak Tonang, Potensial Dorong Ekonomi Warga

Pasaman, kaba12.com — Wabup Pasaman Sabar,AS mengaku menyanyangkan jika objek wistaa Taman Bunga Simpang Tonang, yang selama ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi warga dari berbagai daerah, tidak hanya di Sumbar, tapi juga dari berbagai porpinsi tetangga.

“ Jika memang ditutup, Hal itu suatu hal yang diluar kemauan dan harapan kita. Kawasan Puncak Tonang selama ini tetap menjadi perhatian kita bersama, baik promosi, pengembangan dan keunggulannya, “ ujarnya.

Mengantisipasi hal itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan OPD teknis untuk membantu pengelola Taman Bunga Puncak Tonang mencarikan solusi atas masalah itu, dengan turun kelapangan dan memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi tersebut.

“Kita usulkan ke Dinas Kehutanan Sumatra Barat agar kawasan Puncak Tonang menjadi kawasan perhutanan sosial. Sehingga bisa dikelola dengan baik oleh masyarakat, dan pemerintah bisa juga membantu sarana dan prasaran pendukungnya,” ucapnya

Untuk merealisaiskan hal itu, pihaknya berharap adanya dukungan dan kepedulian masyarakat di kawasan Tonang dalam pengusulan tersebut. Dukungan itu akan mempermudah pengusulan dengan memberikan data-data yang benar terkait pengusulan perhutanan sosial tersebut.

Ditambahkan Sabar AS, kawasan Puncak Tonang, merupakan primadona pertama yang di Pasaman. Sangat disayangkan apabila potensi wisata ditutup untuk pengunjung apalagi beralih fungsi menjadi kawasan perkebunan sayur-sayuran.

Setelah kawasan ini menjadi kawasan perhutanan sosial makan lebih rinci dan teknis akan diatur regulasi untuk pemanfaatan kawasan wisata yang maju dan representative, termasuk untuk menunjang UMKM dan ekraf di Pasaman.

HARMEN

To Top