Kaba Terkini

Nagari Tiku Selatan Intensifkan Goro, Pemuda Jawi-Jawi Bersihkan Drainase

Tiku, kaba12.com — Masyarakat Nagari Tiku Selatan, kecamatan Tanjung Mutiara setiap pekan intensifkan kegiatan gotong royong masyarakat di berbagai jorong. Kalangan pemuda dan masyarakat terlihat pro-aktif menggalang kebersamaan melalui kegiatan goro bersama untuk membersihkan berbagai sarana yang ada dalam wilayah itu.

Seperti halnya Minggu,(19/9) puluhan pemuda bersama masyarakat Jawi-Jawi, Jorong Pasa Tiku, Nagari Tiku Selatan, kecamatan Tanjung Mutiara, menggelar goro bersama membersihkan drainase dan gorong-gorong saluran air di kawasan Pasar Tiku.

Pembersihan sampah yang menyumbat gorong-gorong yang kerap memicu banjir di kompleks Pasar Tiku serta perbaikan saluran drainase di sepanjang ruas jalan di sekeliling pasar itu, dinilai sangat bermanfaat untuk kenyamanan dan kebersihan di kawasan itu, termasuk mengantisipasi potensi banjir yang kerap memenuhi permukaan jalan jika curah hujan tinggi.

Seperti disebutkan pj.walinagari Tiku Selatan Weri Ikhwan, goro massal yang melibatkan berbagai unsur dalam wilayah nagari tersebut beberapa waktu belakangan sengaja digalang pihaknya untuk membersihkan kawasan perkampungan dari tumpukan sampah, dan mengantisipasi berbagai potensi dampak yang bisa dialami masyarakat, jika tidak dilakukan pembersihan.

Weri Ikhwan menyebut, beberapa bulan terakhir, pihaknya bersama berbagai elemen yang ada di nagari, sengaja mendorong pemuda dan tokoh masyarakat di seluruh jorong dan dusun untuk membangun kembali semangat goro yang selama ini nyaris pupus dalam upaya membenahi berbagai sarana yang selama ini dimanfaatkan masyarakat.

“ Termasuk di Jawi-Jawi, Jorong Pasar Tiku, yang Alhamdulillah, respond an peran aktif masyarakat sangat tinggi, sehingga sarana jalan dan saluran drainase yang selama ini kerap tersumbat dan bermasalah saat ini, sudah kembali bersih dan nyaman, “ sebut Weri Ikhwan.

Ditegaskan pj.Walinagari Tiku Selatan itu, pihaknya akan terus mendorong partisipasi masyarakat dalam beragam kegiatan pembangunan di nagari tersebut, karena hal itu sangat dominan dalam merealisasikan berbagai program yang selama ini dicanangkan pemerintah.

HARMEN

To Top