Kaba Terkini

Nagari Aia Manggih Utara Dinilai Sukses, Nagari Persiapan se Tilatang Kamang Studi Tiru

Pasaman, kaba12.com — Nagari Aia Manggih Utara, kecamatan Lubuak Sikapiang, Kabupaten Pasaman yang dinilai sukses dalam merealisasikan program pemekaran nagari di daerah itu, menjadi objek studi tiru rombongan 7 nagari persiapan yang ada di kecamatan Tilatang Kamang, Kamis,(7/10).

Rombongan studi tiru yang dipimpin Ade Harlien, camat Tilatang Kamang bersama para penjabat sementara nagari persiapan masing-masing Nagari Persiapan Koto Tangah Lamo, Nagari Persiapan Sidang Koto Laweh, Nagari Persiapan Tujuah Nagari, Nagari Persiapan Koto Malintang, Nagari Persiapan Arokandikia, Nagari Persiapan Gadut Timur dan Nagari Gadut Barat bersama para walinagari induk masing-masing walinagari Koto Tangah, Walinagari Gadut dan Walinagari Kapau.

Rombongan studi tiru kecamatan Tilatang Kamang itu, disambut hangat Sekretaris DPRD Pasaman, bersama camat Lubuk Sikaping, walinagari Aia Manggih, dan tokoh masyarakat Agam di Pasaman H.Teddy Martha.

Studi tiru yang dilakukan, seperti dijelaskan Ade Harlien, camat Tilatang Kamang terutama untuk mempelajari dan menggali lebih jauh, keberhasilan yang sudah direalisasikaan Nagari Aia Manggih Utara dalam melaksanakan pemekaran nagari bahkan kini sudah menjadi nagari defenitif.

Hal itu, ulas Ade Harlien, akan menjadi bahan masukan dan pembelajaran bagi seluruh nagari persiapan yang saat ini dalam proses administrasi di wilayah kecamatan Tilatang Kamang, terutama terkait dengan kelengkapan administrasi, dukungan sarana, peran aktif masyarakat dan beragam regulasi lain yang sudah direalisasikan.

Dalam kunjungan studi komparatif ke kabupaten Pasaman itu, rombongan dari kecamatan Tilatang Kamang segaja berdiskusi dengan jajaran secretariat DPRD Pasaman, terkait dengan tahapan dan proses penetapan nagari persiapan menajdi nagari defenitif, dimana rombongan sengaja dijamu oleh sekretaris DPRD Pasaman.

Rombongan juga mendatangi kantor walinagari Aia Manggih Utara dan berdialog dengan walinagari serta jajaran pemerintahan nagari setempat, yang diakhiri dengan penyerahan cenderamata khas Tilatang Kamang berupa beras jenis kuriak kusuik, buah naga dan karupuak Kamang.

HARMEN/SUSI

To Top