Kaba Pasaman

Meriahkan Pembukaan PKD Sumbar 2022, Group Gondang Baroguang Pukau Penonton

Padang, kaba12.com — Group Gondang Baroguang, Nagari Lubuak Gadang, Kecamatan Mapat Tunggul, Kabupaten Pasaman, pukau ratusan penonton saat pembukaan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sumatera Barat di Gedung Kebudayaan Sumbar di Padang, Sabtu,(1/10).

Pembukaan PKD Sumbar 2022 yang dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Dr.Audy Joinaldy menjadi penampilan khusus group Gondang Baraguang, kabupaten Pasaman yang sengaja mengusung tema sajian, “ mangana jajak nan tingga “ itu, diapresiasi banyak kalangan, bahkan perwakilan berbagai daerah di Sumbar yang menghadiri pembukaan event tahunan seni-budaya itu memberi aplaus panjang usai group itu tampil.

Menurut Ade Harlien, Kadinas Pariwisata-Budaya-Pemuda-Olahraga Pasaman, group Gondang Baroguang, sengaja diundang oleh Pemprov Sumbar untuk unjuk kebolehan mengisi acara pembukaan PKD Sumbar 2022 tersebut, bersama group kesenian lain, diantaranya Sanggar Senin Singo Budoyo Dharmasraya yang menyajikan,” reog kuda lumping”, Sanggar Seni Sipaumat, Mentawai yang menyajikan pertunjukan, ” turuk laggai”, dan garitiak Minangkabau oleh Mak Lenggang.

“ Alhamdulillah, kini menjadi salah satu moment promosi bagi potensi seni budaya Pasaman yang luar biasa, “ sebut Ade Harlien.

Kebanggaan senada disampaikan Saut Asrul, Walinagari Lubuk Gadang selaku pimpinan rombongan, yang menyebutkan penampilan kesenian anak nagari Lubuak Gadang itu, menjadi salah satu moment penting untuk mempromosikan potensi seni Nagari Lubuak Gadang dan wujud eksistensi yang konsisten dilakukan pemerintah nagari untuk seni-budaya daerah.

Bahkan, Walinagari Lubuak itu menyebutkan, potensi seni budaya yang sengaja ditampilkan dengan group Gondang Baraguang, yang menampilkan sosok ibu-ibu (amak-amak) yang luar biasa, sukses memukau ratusan penonton yang menghadiri acara pembukaan PKD Sumbar 2022, “ ini jadi motivasi bagi kami untuk selalu membina eksistensi seni-budaya di Nagari Lubuak Gadang, “ sebut Saut Asrul.

HARMEN

To Top