Kaba Pemko Bukittinggi

DR. H. Ahmad Hatta, MA Khatib Idul Fitri di Lapangan Kantin Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — Shalat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2019 untuk Kota Bukittinggi akan dipusatkan di Lapangan Wirabraja Bukittinggi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi saat usai memimpin rapat persiapan pelaksanaan Bukittinggi Bertakbir dan Sholat Idul Fitri 1440 H bertempat di Kantor Kemenag Bukittinggi, Senin (03/06).

Rapat itu dihadiri Ketua PHBI, Sekretaris dan anggota, Kadis.Perhubungan, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kabag.Kesra, Kabag Umum dan Perlengkapan Setdako, serta dari jajaran Kemenag Kota Bukittinggi.

Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi, mengatakan, yang akan bertindak sebagai khatib nantinya DR. H. Ahmad Hatta, MA dari Jakarta yang merupakan Pimpinan STIPI (Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Islam) Leadership Boarding School Bogor. Sedangkan sebagai Imam nantinya H. Syamsirijal dari Bukittinggi.

Irwandi juga menambahkan, apabila saat pelaksanaan sholat Idul Fitri nantinya hari hujan, pihak Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) telah menyiapkan lokasi alternatif yakni di Masjid Al Hanif Kompleks Kodim 0304/Agam.

Sehari sebelumnya, pada tanggal 4 Juni 2019, akan dilaksanakan Bukittinggi Bertakbir di Pelataran Pedestrian Taman Jam Gadang.

“Sebagaimana tahun – tahun sebelumnya untuk malam takbiran kita tidak mengadakan dalam bentuk Pawai konvoi kendaraan, tetapi dalam bentuk kegiatan Bukittinggi Bertakbir yang akan dipusatkan di Pedestrian Taman Jam Gadang dan akan dihadiri oleh Walikota beserta Forkompimda, Kepala SKPD, Majelis Taklim dan Masyarakat serta pengunjung Kota Bukittinggi,” ujarnya.

Kegiatan Bukittinggi Bertakbir akan dimulai pukul 16.00 WIB dengan menampilkan lagu bernuansa Islami yang akan dibawakan oleh siswa MTsN dan MAN Bukittinggi serta dari ISI Padang Panjang dan pada pukul 20.00 WIB akan diisi dengan Tausyiah Agama dan pemukulan Beduk serta lantunan kalimat takbir oleh perwakilan IPQAH Bukittinggi.

“Bukittinggi Bertakbir akan diisi dengan sejumlah kegiatan. Mulai dari ba’da Ashar diisi dengan acara kesenian, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata hingga berbuka bersama. Setelah Isya, Pemko bersama masyarakat di pelataran Jam Gadang bertakbir bersama, dipandu 7 qori dari IPQAH dilanjutkan dengan tausiyah dan beberapa seremonial,” jelasnya.

(Ophik)

To Top