Kaba Terkini

Khatam Al Quran Masjid Taqwa Beringin Ombilin Meriah

Tanah Datar, KABA12.com — Sebanyak 50 santri Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Masjid Taqwa Beringin Jorong Ombilin Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar di wisuda dalam acara Khatam Al-Quran,di Masjid Taqwa Beringin, Sabtu (02/12).

Acara Khatam Al-Quran yang berlangsung meriah itu diawali dengan pawai ta’ruf, dibuka oleh Ketua Perantau Simawang Saiyo Pusat M. Nur Idris dihadiri Anggota DPRD Tanah Datar Alimuhar Sutan Tunaro, Wali Nagari Simawang E. Dt. Rajo Muyang, Wakil Ketua BPRN MS. Dt. Rajo Nan Hitam, Wali Jorong Ombilin Amrizal dan sejumlah tokoh masyarakat antara lain Syafrial Erik, A. Dt. Sutan, Armis Dt. Kayo, Istajib, Bhabinkantibmas Nagari Simawang Ipda. Effendi serta ratusan masyarakat Ombilin Simawang.

Ketua Panitia Pelaksana, Zulkifli Gindo Mulia, menjelaskan, khatam Al Quran tahun ini merupakan khatam yang ketiga kalinya dilaksanakan Mesjid Taqwa Ombilin dan diikuti oleh 50 santri. Pelaksanaan khatam Al Quran ini sudah melalui proses yang ditetapkan oleh kantor KUA Rambatan.

Sementara itu, pembina Remaja Islam Masjid Taqwa Beringin, Syafrial Erik, mengatakan acara khatam Al Quran ini diadakan oleh remaja masjid bersama masyarakat. “Selain khatam Al Quran, juga diadakan serangkaian kegiatan antara lain tabligh akbar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan hiburan kesenian selawat dulang pada malam harinya,” ujarnya.

Baik Syafrial Erik dan Zulkifli mengatakan kepada peserta khatam alquran nantinya akan diberikan hadiah yang berasal dari sumbangan Ketua Perantau Simawang Saiyo M . Nur Idris dan M. Asli Chaidir anggota DPR-RI asal Sumbar, selaku anggota Komisi VIII dari Fraksi PAN serta donatur serta orang tua santri.

Ketua Perantau Simawang Saiyo M. Nur Idris, mengapresiasi pelaksanaan khatam Al Quran ini. Tokoh masyarakat Simawang yang juga anggota DPRD kota Bukittinggi ini bahkan memuji pelaksanaan yang terasa meriah dan terlihat kompak serta melibatkan unsur masyarakat.

Lebih lanjut M. Nur Idris mengatakan, kegiatan khatam Al Quran ini sejalan dengan program pemerintah daerah Tanah Datar untuk menjadikan nagari sebagai sumber mencetak ulama dan santri yang gemar baca Al Quran atau generasi Hafiz Quran.

“Kami memberikan apresiasi pelaksanaan khatam Al Quran ini. Mudah-mudahan lahir generasi yang mencintai Al Quran dan Hafiz Quran yang andal” ujar M. Nur Idris yang pada kesempatan itu langsung menyerahkan bantuan dana dari Asli Chaidir.

(Ophik)

To Top