DPRD Agam

Ketua DPRD Agam Ingatkan Warga “Jangan Lupakan Sejarah“

Lubukbasung, kaba12.com — Ketua DPRD Agam Dr.Novi Irwan, ingatkan seluruh masyarakat kabupaten Agam untuk selalu mengingat dan tidak melupakan sejarah kabupaten Agam. Karena sejarah, merupakan kekuatan dan pondasi utama dalam mendorong kemajuan yang sesungguhnya.

Kabupaten Agam yang dikenal sebagai daerah “sentral pejuang” sejak zaman penjajahan dulu, menjadikan daerah ini sangat terkenal. Apalagi, dalam perjalanannya, banyak perubahan yang terjadi di daerah ini, yang seluruhnya butuh proses dan pelaku yang memperjuangkannya.

Termasuk dalam merealisasikan perpindahan ibukota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubukbasung yang secara resmi dilaksanakan tanggal 19 Juli 1993, yang saat ini sudah berusia 29 tahun, banyak suka, duka, liku-liku dan perjuangan yang dilakukan para pelaku sejarah, bahkan lebih dari 10 tahun upaya itu baru terealisasi.

Sejarah ibukota kabupaten Agam di Lubukbasung dengan para pelaku sejarah yang memperjuang -kan perpindahan ibukota, menjadi catatan penting yang harus selalu terpelihara baik dalam ingatan masyarakat, karena dengan upaya yang dilakukan para pelaku sejarah, yang saat ini sebagian masih hidup itu, membutuhkan beragam pengorbanan, bahkan tantangan yang berat.

Ketua DPRD Agam memberi apresiasi pemerintah dan kalangan generasimuda, terus berupaya membangunkan ingatan tentang sejarah ibukota kabupaten Agam itu, dibuktikan dengan pemberian penghargaan khusus sebagai wujud penghargaan dan penghormatan yang tinggi, menggelar acara tradisi bajamba, bahkan menggelar event khusus yang mengambil moment 29 tahun ibukota kabupaten Agam.

“ Hal ini menjadi catatan tersendiri yang mesti diapresiasi semua pihak, “harap Novi Irwan.

Diharapkan ketua DPRD Agam itu, seluruh masyarakat kabupaten Agam, khususnya di kawasan ibukota untuk mendorong optimalnya momentum HUT Perpindahan Ibukota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubukbasung itu sebagai moment khusus dalam upaya untuk menjadikan sosok ibukota kabupaten sebagai sentral beragam aktivitas dalam melayani masyarakat.

HARMEN

To Top