Kaba Pemko Bukittinggi

Kerugian Belum Bisa Ditaksir, Wawako: Bukittinggi Kembali Berduka

Bukittinggi, KABA12.com — Hingga Jumat (16/11) pukul 09.16 WIB kobaran api masih membara di bangunan Tahap Dua Pasar Simpang Terminal Aur Bukittinggi. Api yang diduga berasal dari Lt.1 tahap dua, telah menghanguskan seisi bangunan hingga Lt.3 yang mayoritas merupakan gudang penyimpanan barang para pedagang.

Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi yang langsung turun ke lokasi dengan forkopimda dan seluruh perangkat daerah ikut mengarahkan proses evakuasi dan pemadaman.

“Atas nama pemerintah kota kita turut berduka, ini musibah lagi untuk Bukittinggi,” ungkapnya.

Ia pun belum dapat memprediksi berapa kerugian dalam musibah kebakaran itu karena hingga kini belasan unit damkar dari seluruh daerah Sumbar masih berupaya memadamkan api.

“Saat ini kerugian belum dapat diprediksi karena api masih membara di tahap dua,” ujarnya kepada KABA12.com.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindagkop kota Bukittinggi melalui Sekretaris, Asri menjelaskan, jumlah toko dan kios di bangunan tahap dua pasar aur terdapat 117 petak toko dan kios di lantai satu, 1.360 toko dan kios di lantai dua serta 17 petak toko kios dan 1155 los di lantai tiga.

“Diperkirakan seluruh kios dan los di tahap dua lantai satu dua dan tiga habis. Karena di Lt.2  tahap dua banyak gudang, tempat penyimpanan barang pedagang pasar aur tahap dua,” sebutnya.

Ia menambahkan, api juga membakar sebagian pertokoan di blok J yang berisi 80 toko dilantai satu, 20 toko di lantai dua dan 250 petak lapangan bulanan.

(Ophik)

To Top