Kaba Terkini

Kerugian Akibat Angin Puting Beliung Capai Rp400 Juta

Padanglua, kaba12.com — Kerugian yang dialami masyarakat khususnya para pedagang dan kerusakan fasilitas pasar akibat terjangan angin puting beliung di kompleks Pasar Padanglua, kecamatan Banuhampu, Jumat,(4/10) sore mencapai lebih dari Rp400 juta.

Jumlah kerugian terutama akibat kerusakan parah yang dialami atap los sayur, kedai warga, 1 unit truk yang tertimpa material atap los pasar yang roboh, dan kerusakan jaringan listrik PLN yang terputus dihantam material berkontruksi baja tersebut.

Hingga Jumat, proses penanganan pasca bencana masih dilakukan tim gabungan BPBD Agam, terutama untuk pembersihan material atap los yang roboh.

Terjangan angin kencang yang memporak- porandakan kompleks pasar Padanglua, merusak los pasar, termasuk sayur mayur warga yang akan dibawa ke Pekanbaru, Riau.

Menurut Wahyu Bestari, Kabid.KL BPBD Agam kepada kaba12.com, angin puting beliung di Jorong Padang Lua II, Nagari Padang Lua, Kecamatan Banuhampu menimbulkan kerusakan serius.

Dijelaskan, dampak yang ditimbulkan terjangan angin kencang itu, menyebabkan robohnya atap los sayur WBC dengan ukuran panjang 40 meter dan lebar 25 meter.

Ditambahkan, angin kencang juga merobohkan 3 tiang listrik di kawasan itu, sehingga menyebabkan jaringan listrik di wilayah Padanglua putus.

Terjangan angin puting beliung yang terjadi usai shalat Jumat tersebut, juga merusak gerobak pedagang cendol akibat meterial atap yang roboh, milik Zul,(52), termasuk menyebabkan 3 orang warga menderita luka ringan akibat material atap los yang roboh.

” Kerugian sementara akibat musibah tersebut mencapai Rp.400 juta lebih,” ulas Wahyu Bestari.

Satgas BPBD Agam, ulas Wahyu Bestari, bersama Satpol PP- Damkar Agam, Polres Bukittinggi, TNI, PLN, pemerintah kecamatan, KSB Nagari Sungai Tanang, KSB Taluak IV Suku, jajaran pemerintah nagari, masyarakat dan unsur lain, berupaya melakukan pembersihan material atap los yang roboh diterjang angin badai itu, karena kemungkinan material atap los pasar yang berkontruksi baja ituz harus dievakuasi ke lokasi aman, karena saat ini masih berada di lokasi los, termasuk menghimpit truk dan 1 unit kedai warga.

” Kita akan rumuskan langkah-langkah evakuasi material atap los yang volumenya cukup banyak dan berukuran besar, itu akan kita tangani segera,” tegas Wahyu Bestari lagi.

HARMEN

To Top