Kaba Terkini

Kecamatan Tanjung Raya Bakal Gelar Sosialisasi Cegah Kebakaran

Maninjau, KABA12.com — Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam bakal melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran kepada masyarakat di tiap nagari.

Sosialisasi dan simulasi pencegahan kebakaran itu nantinya akan melibatkan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Agam yang disiagakan di Tanjung Raya.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi menjelaskan, program tersebut merupakan komitmen pemerintah kecamatan dengan Damkar Agam dalam rangka memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat tentang menangani kebakaran serta bencana lainnya.

Ia menyebut, sosialisasi itu bakal dilakukan setelah armada dan petugas Damkar disiagakan di wilayah Kecamatan Tanjung Raya.

“Dalam waktu dekat ini kita akan mulai lakukan sosialisasi dan simulasi pencegahan kebakaran pada masyarakat di nagari maupun sekolah-sekolah yang ada di Tanjung Raya. Kita akan rutin melaksanakan kegiatan itu ketika armada dan petugas Damkar sudah disiagakan di Tanjung Raya,” ujarnya kepada KABA12.com, Sabtu (12/2).

Menurutnya, sosialisasi dan simulasi itu perlu dilakukan guna meningkatkan kemampuan dan wawasan masyarakat dalam mengantisipasi musibah kebakaran.

“Kita bersama petugas Damkar juga akan mengecek penampungan air di tiap nagari, kalau perlu fire hydrant juga disediakan di tempat-tempat padat penduduk guna mencegah kebakaran,” katanya.

Pihaknya juga mengharapkan seluruh nagari di Kecamatan Tanjung Raya khususnya dapat mempunyai armada Damkar mini seperti yang telah dimiliki Nagari Duo Koto. Menurutnya Damkar mini itu sangat membantu dalam penanganan awal dalam peristiwa kebakaran.

“Nanti kita akan buatkan sebuah slogan tentang kesiapsiagaan bencana kebakaran, yaitu Tanjung Raya Siaga Api,” ungkapnya.

Disisi lain, Handria meminta seluruh masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana kebakaran. Pencegahan kebakaran itu, kata dia, dapat dilakukan dengan pengecekan jaringan instalasi listrik di rumah secara rutin, hingga memastikan api kompor sudah mati setelah digunakan.

Untuk mendukung pencegahan bencana kebakaran, Pemerintah Kabupaten Agam akhirnya merealisasikan penambahan posko Pemadam Kebakaran di wilayah Kecamatan Tanjung Raya dalam waktu dekat ini.

Posko Damkar itu akan disiagakan di Maninjau persisnya di Balairung Sosial atau disamping kantor camat. Sedangkan garasi armada truk Damkar berada di samping kantor Walinagari Maninjau.

“Insyaallah dalam bulan Februari ini personil bersama armada Damkar akan segera disiagakan di Maninjau sebagai pusat ibukota Kecamatan Tanjung Raya” kata Handria Asmi.

Ia menyebutkan, sebanyak 5 orang petugas Damkar Agam dan 1 unit armada akan disiagakan setiap hari di posko tersebut untuk mengantisipasi musibah kebakaran di wilayah Kecamatan Tanjung Raya.

“Jadi, petugas Damkar dan 1 unit armada akan siaga selama 24 jam di posko tersebut” jelasnya.

(Bryan)

To Top