Kaba Terkini

Kebakaran Pasa Bawah, 300 Pedagang Terdampak

Bukittinggi, KABA12.com — Kebakaran sebagian los di Pasa Bawah, tentunya meninggalkan duka mendalam. Namun, Pemko Bukittinggi langsung gerak cepat, untuk segera mencari tempat penempatan sementara pedagang yang terdampak dari musibah ini.

Plt. Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Bukittinggi, Isra Yonza, menjelaskan, diperkirakan, kebakaran hebat itu berdampak pada 300 pedagang. Hal ini didasarkan pada banyaknya pedagang harian yang biasanya berjualan di lokasi tersebut.

“Informasi sementara, kebakaran menghanguskan los maco, los telor, jalur penghubung, jalur hijau, gerbong satu dan gerbong dua. Dimana lokasi itu, diperkirakan ditempati oleh 300 pedagang. Jadi kita hitung bukan berapa kiosnya, tapi berapa pedagangnya, karena ada pedagang harian juga disana,” ujar Isra Yonza yang juga Plt. Assisten I Setdako Bukittinggi itu.

Hingga kini, belum ada informasi penyebab dan asal mula api. Namun, tidak ada korban jiwa dari kejadian itu.

“Saat ini kita sedang data, kita coba selesaikan sesegera mungkin hari ini. Kita tidak hitung los atau tempatnya, karena di lokasi ada pedagang kecil dan harian, jadi tidak bisa dihitung jumlah kios atau tempat daganganya. Kita hitung jumlah pedagangnya dan akan kita carikan tempat penempatan atau penampungan sementaranya, segera,” pungkas Isra Yonza, saat dihubungi KABA12.com, Sabtu (11/09).

Kebakaran terjadi sekitar pukul 02.30 WIB. Tim pemadam kebakaran Bukittinggi dibantu damkar Agam dan Padang Panjang, berhasil memadamkan api sekitar pukul 05.00 WIB.

(Ophik)

To Top