Pariwisata

Kawasan Mandeh ” Raja Ampat” nya Sumatera Barat

Sumber foto: Instagram @kumistipis

Painan, kaba12.com — Sumatera Barat sangat kaya dengan potensi wisatanya yang memukau, hal itu karena daerah tersebut terletak di wilayah yang sangat strategis di pulau Sumatera.

Tak jarang para wisatawan dari luar daerah berbondong – bondong datang untuk menikmati keindahan alam Sumatera Barat.

Salah-satunya objek wisata yang mengundang wisatawan luar datang ke ranah minang adalah Kawasan Mandeh yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Kawasan Mandeh  merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau – pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan.

Tak heran apabila kawasan Mandeh ini terkenal di Indonesia maupun di tingkat International, bahkan tempat ini sering disebut masyarakat sebagai Raja Ampatnya Sumatera Barat.

Dikutip dari yuktravel.com, di lokasi tersebut terdapat beberapa puncak yang ada di perbukitan kawasan Mandeh.

Salah satunya Puncak Mandeh, dari atas puncak tersebut Anda bisa melihat gugusan Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecil serta Pulau Cubadak dan gradasi warna air lautnya yang menambah keindahan Kawasan Mandeh ini. Bahkan tempat tersebut menjadi salah satu spot foto terbaik bagi penggila Landscape Photography.

Sementara di bagian Selatan Kawasan Mandeh tepatnya di Kampung Carocok ada sebuah tanjung meliuk bagaikan sungai, sehingga teluk terlihat bagaikan sebuah danau yang menakjubkan dengan riak – riak kecil.

Sedangkan di kawasan Utara Mandeh terdapat beberapa pulau yang melingkar, yaitu Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular dan Pulau Marak yang berdampingan dengan Pulau Sikuai.

Gerbang masuk Kawasan Mandeh dapat dicapai melalui laut dan jalan darat. Bila naik kapal / boat bisa dari Pelabuhan Bungus, Gaung, Teluk Bayur atau dari Pelabuhan Muara Padang serta Teluk Tarusan.

Sedangkan bila melalui jalan darat, terdapat tiga alternative dari tiga ruas jalan yang berbeda, alternative pertama dari Pasar Tarusan melalui simpang carocok dan alternatif kedua dari Bungus terus ke Sungai Pinang dan Sungai Nyalo.

Ruas jalan terbaru ialah melewati Carocok lalu menyusuri bibir pantai dan perbukitan yang landai sepanjang 12,5 km.

(Bryan/*)

To Top