Kaba Terkini

Kasus Galian C Ilegal Palembayan, 14 Lokasi Dicurigai

Palembayan, KABA12.com — Kasus penambangan galian C illegal yang membuat heboh beberapa waktu belakangan dengan penangkapan 3 pelaku dan penetapan dua tersangka oleh polisi salah satunya suami Kadiskoperindapkop UKM Agam masih dalam pengembangan Polres Agam.

Saat ini pihak kepolisian masih dalam proses penyidikan saksi-saksi dan pengembangan lebih lanjut.

Bahkan salah satu saksi yang dimintai keterangan dari unsur pemerintahan camat Palembayan Ade Harlien.

Menjawab KABA12.com camat Palembayan menyebut, pihaknya tidak mengetahui keberadaan penambangan galian C di Palembayan secara resmi dan administratif.

Pasalnya, tidak satupun penambangan yang ada  di Palembayan yang memiliki izin resmi dari pemerintah termasuk yang digerebek jajaran Polres Agam , Rabu (09/08) lalu yang berhasil menangkap beberapa tersangka berikut perangkat penambang.

Bahkan Ade Harlien, sesuai informasi yang dihimpun pihaknya di lapangan ada 14 titik penambangan galian C di wilayah Palembayan sejak lama, bahkan jauh sebelum dia menjabat camat di Palembayan.

Camat Palembayan itu mengaku tidak bisa berbuat banyak karena sesuai aturan dan regulasi yang ada terkait izin penambangan berada ditangan pemerintah provinsi.

” Kita tidak punya kewenangan dalam hal itu ” sebutnya.

Terkait dengan kasus penangkapan pelaku dan bos penambang galian C Ade Harlien menegaskan pihaknya tidak memiliki kewenangan, ” kasusnya sudah berada di ranah hukum oleh Polres Agam , saya tak berwenang, faktanya seperti itu,” sebutnya.

Kasus penangkapan dan penertiban penambangan galian C di Palembayan menambah kasus illegal minning di kabupaten Agam, setelah sebelumnya satuan khusus Polda Sumbar mengamankan pelaku dan perangkat penambangan galian C yang kini masih dalam proses penyidikan.

(Harmen)

To Top