kartini 2

Bagi Ny. Yenovita, SP atau lebih dikenal dengan Ny.Hj.Vita Indra Catri, sosok RA.Kartini adalah teladan luar biasa kaum perempuan yang terkenal gigih memperjuangkan peran dan potensi kaum perempuan agar bisa sejajar dengan kaum pria. Banyak hal dan ilmu yang bisa diserap dari sosok RA.Kartini, jika disimak perjalanan, kepahitan bahkan derita yang dialaminya, untuk memperjuangkan emansipasi wanita, bahkan harus bertaruh nyawa.

R.A. Kartini,  perempuan kelahiran Jepara 1879 keturunan priyayi (bangsawan Jawa) itu dikenal dengan pemikirannya sensitive dan cerdas tentang kondisi perempuan yang terhambat akibat budaya Jawa pada masa itu. Kaum perempuan di zamannya tidak memiliki kebebasan menuntut ilmu dan belajar seperti halnya laki-laki.

Kartini membangun komunikasi dengan sahabat-sahabatnya, melalui surat. Surat-surat yang ditulis Kartini menarik perhatian warga Belanda dan mulai mengubah pandangan orang Belanda terhadap perempuan pribumi di Jawa kala itu.Berkat kegigihan dan keikhlasannya Kartini, perjuangannya sukses menyuarakan emansipasi wanita, hingga didirikannya sekolah Kartini.

Apa yang menjadi perjuangan Kartini, itu pelajaran yang bisa kita maknai. Kerjakan apa yang sudah dilaksankan dengan penuh keikhlasan, karena Kartni waktu itu juga dengan keikhlasan memperjuangkan pemikirannya untuk perempuan.

Keikhlasan. Itu makna khusus yang ditarik Ny.Vita Indra Catri dari penggalan kisah perjuangan Kartini yang menurutnya harus difahami dan dimaknai oleh seluruh perempuan di Indonesia.

Menurut Ketua TP.PKK Agam itu, ada hal penting yang harus diluruskan terkait tentang  pemahaman emansipasi wanita dengan kesetaraan hak perempuan dengan laki-laki.

Pemahaman emansipasi oleh perempuan saat ini, menurutnyaterkadang disalah-artikan. Emansipasi bukan sekedar bebas melakukan aktifitas apa saja, denganmengabaikan  urusan rumahtangga.

Halaman Selanjutnya…

To Top