Kaba Terkini

Karang Taruna Tunas Muda Duo Koto Lestarikan Danau Maninjau

Tanjung Raya, KABA12.com — Kesadaran menjaga lingkungan ditunjukkan generasimuda, yang tergabung dalam Karang Taruna Tunas Muda nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Ketua Karang Taruna Tunas Muda Nagari Duo Koto,  Joni Safri mengatakan siap ambil bagian dalam pelestarian dan penyelamatan danau Maninjau dalam program #save Maninjau oleh pemerintah.

“Karang taruna sudah mensosialisasikan program babaliak ka darek (kembali ke daratan untuk bercocok tanam) yang dicanangkan Pemkab. Agam,” ujarnya kepada KABA12.com.

Tidak hanya itu, Joni Safri mengaku karang taruna tersebut sudah menyalurkan ratusan bibit tanaman dari Pemkab.Agam, seperti jengkol, petai, durian dan lainnya.

“Ratusan bibit tersebut baru disalurkan di tiga jorong yaitu jorong Mudiak, jorong Pasa dan jorong Ilia.
Sedangkan untuk  jorong Koto Tinggi dan jorong Tanjuang Batuang akan disalurkan dalam waktu dekat,” terang Joni.

Selain itu karang taruna tersebut juga membangun rumah baca dan green house untuk pengembangan dan pemeliharaan  bibit sebelum ditanami di lahan warga.

“Bagi petani yang ingin istirahat siang bisa berteduh di rumah baca sambil menambah ilmu tentang pertanian,”ulas Joni.

Disinggung tentang prestasi yang sudah dicapai karang taruna tersebut, Joni mengaku KT. Tunas Muda mendapat peringkat 1 lomba Orsos (Organisasi Sosial) teladan Kabupaten Agam pada  tahun 2016 dan mendapat peringkat 3 saat mewakili Agam di tingkat provinsi tahun 2017.

(Johan)

To Top