Kaba Terkini

Kapolres Agam Sebut Kesadaran Warga Untuk Divaksin Meningkat

Kotogadang, KABA12.com — Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan tinjau kegiatan vaksinasi massal yang digelar di kantor Walinagari Koto Gadang VI Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Sabtu (13/11).

Dalam kesempatan itu, Kapolres menyebut kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi kian meningkat. Tercatat, sekitar 70 ribu masyarakat di wilayah hukum Polres Agam sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

“Saya menilai kesadaran warga untuk divaksin sudah mulai meningkat. Mereka juga sudah memahami bahwa vaksin itu penting dilakukan untuk kesehatan demi meningkatkan kekebalan tubuh agar terbentuk herd immunity,” ujar Kapolres kepada KABA12.com.

Ia juga memberi apresiasi kepada jajaran pemerintah nagari, kecamatan dan polsek yang gencar melakukan edukasi dan sosialisasi tentang vaksinasi kepada masyarakat. Kapolres menyebut, selain protokol kesehatan, program vaksinasi ini merupakan salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19.

Disamping itu, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan berita hoax soal vaksin yang banyak beredar di media sosial.

“Saya minta jangan percaya dengan berita hoax terkait vaksin, karena sekarang sudah jutaan masyarakat di Indonesia yang sudah divaksin dan itu tidak ada menimbulkan masalah,” ungkapnya.

Kapolres mengakui saat ini lebih kurang 70 ribu masyarakat di wilayah hukum Polres Agam sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dan tidak ada kendala pada tubuh. Kendati begitu ini membuktikan bahwa vaksin yang diberikan adalah vaksin terbaik yang sudah melalui proses uji klinis secara ketat.

“Sebelum divaksin, masyarakat diminta untuk sarapan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan efek samping yang terlalu parah jika setelah divaksin,” katanya.

Selain itu, Kapolres mengatakan bahwa peran media sangat dibutuhkan dalam mensukseskan program vaksinasi sebagai upaya percepatan penanggulangan pandemi Covid-19.

“Media sangat berperan sekali untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi demi meningkatkan kekebalan tubuh dan membentuk herd immunity agar terhindar dari paparan Covid-19,” sebutnya.

Sementara itu pencapaian vaksinasi di daerah Kabupaten Agam saat ini masih berada pada posisi terendah untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat yakni sebesar 26 persen.

“Capaian vaksinasi di Kabupaten Agam sekarang memang masih rendah dan berada di posisi paling bawah. Oleh karena itu kita mengajak masyarakat untuk dapat mensukseskan program tersebut dengan mendatangi gerai vaksin terdekat yang sudah terjadwal dan tersedia di tiap nagari,” jelasnya.

(Bryan)

To Top