Kaba Terkini

Jumlah Pemilih Kota Bukittinggi 80.741 Orang

Bukittinggi, kaba12.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi merilis rekapitulasi data pemilih berkelanjutan (DPB).

Terhitung untuk periode Bulan Januari 2022, jumlah pemilih di Kota Wisata itu ditetapkan sebanyak 80.741 orang.

Komisoner KPU Kota Bukittinggi Divisi Perencanaan Data, dan Informasi, Zulwida Rahmayeni, SE,MM menyebut angka tersebut ditetapkan dalam rapat pleno yang digelar di kantor KPU setempat.

Keputusan dalam rapat pleno tersebut ditempuh KPU Bukittinggi dalam rangka menindaklanjuti amanah PKPU Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

“Jumlah DPB sebelumnya sebanyak 80.616 pemilih berubah menjadi 80.741 pemilih, yang terdiri dari 39.607 pemilih laki-laki dan 41.134 pemilih perempuan. Terjadi kenaikan jumlah pemilih di Kota Bukittinggi sebanyak 125 pemilih. Pemilih tersebar dalam 24 Kelurahan di 3 Kecamatan yang ada di Kota Bukittinggi,” jelasnya, Rabu (02/02).

Dijelaskan Zulwida, untuk mendapatkan data tersebut, KPU Bukittinggi melibatkan Disdukcapil Kota Bukittinggi. Menurut Pasal 12 ayat 2 PKPU Nomor 6 tahun 2021, bahwa pemilih yang memenuhi persyaratan dalam data pemilih berkelanjutan harus memiliki KTP.

Selain bersumber dari disdukcapil, KPU Bukittinggi juga bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk data pemilih yang alih status dari sipil menjadi TNI/Polri atau sebaliknya, karena sudah pensiun dan kembali menjadi warga sipil hingga hak pilihnya dapat diakomodir kembali.

“KPU melakukan sinkronisasi dengan Disdukcapil. Hasil rekapitulasi data pemilih berkelanjutan (DPB) untuk Januari 2022, terdata pemilih baru sebanyak 363 orang, dan Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) 238 orang,” ujarnya.

Dijelaskan, keterlibatan Bawaslu Kota Bukittinggi juga ada dalam memberikan masukan terhadap data pemilih dalam bentuk data hasil uji petik ke lapangan.

“Selain itu, juga terdapat perubahan data pemilih yaitu mereka yang sebelumnya belum memiliki KTP kemudian kini sudah berstatus memiliki KTP sebanyak 993 orang,” ujarnya.

(Ophik)

To Top