Kaba Terkini

Jelang Nataru, Harga Telur Ayam di Agam Melonjak

Bayua, KABA12.com — Harga telur ayam ras di pasar tradisional di Kabupaten Agam mengalami kenaikan menjelang hari raya Natal dan tahun baru 2023.

Pantauan KABA12.com di Pasar Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Jum’at (23/12), harga telur dijual pedagang dengan harga bervariasi mulai dari Rp 54 ribu sampai Rp 60 ribu per papan (30 butir) atau tergantung ukuran.

Sementara telur ayam kampung dijual Rp 2.500 per butir, dan telur itik Rp 3000 per butir.

Andi salah seorang pedagang telur di Pasar Bayua menyebut, kenaikan harga telur ayam ras sudah terjadi sejak 1 bulan terakhir.

“Harga telur ayam ras naik sejak 1 bulan terakhir dari harga sebelumnya Rp 45 ribu per papan. Sekarang untuk kualitas super dijual Rp 60 ribu per papan, dan kualitas biasa dijual Rp 54 ribu,” ujarnya kepada wartawan, Jum’at.

Ia mengatakan, salah satu faktor naiknya harga telur tersebut adalah akibat dari peningkatan harga pakan ternak. Selain itu, kenaikan harga juga dipengaruhi oleh tingginya permintaan masyarakat menjelang hari raya Natal dan tahun baru.

“Kenaikan harga ini sudah biasa terjadi setiap akhir tahun karena permintaan dari masyarakat meningkat,” katanya.

Ia mengakui omzet penjualannya tidak ada penurunan meski harga telur mengalami kenaikan cukup drastis. Hal ini terjadi karena telur sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

“Alhamdulillah untuk penjualan tidak ada pengaruhnya, malahan pembeli meningkat daripada sebelumnya,” jelasnya.

(Bryan)

To Top