Kaba Terkini

Hujan Lebat Selama 2 Pekan, 83 Orang Tewas Tertimbun Longsor

Assam, KABA12.com — Akibat hujan lebat yang melanda wilayah Assam, Arunachal Prasedh, Nagaland dan Maniour selama sekitar dua pekan terakhir juga memicu terjadinya tanah longsor.

Kepala Menteri Assam, Sarbananda Sonowal mengatakan setidaknya 83 orang tewas dalam tragedy ini.

“Assam adalah daerah yang paling parah dengan 83 nyawa hilang sejauh ini akibat banjir dan tanah longsor, dan sekitar dua juta orang mengungsi,” ungkapnya, seperti dikutip Reuters.

Selain itu, Perdana Menteri India Narendra Modi telah mengirim tim pejabat pemerintah federal, yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri muda Kiren Rijiju, untuk menilai kerusakan yang merendam lebih dari 2.500 desa ini.

Pemerintah juga mendeklarasikan “waspada kesehatan maksimum” untuk menyetop penyebaran penyakit bagi mereka yang harus tinggal di tenda-tenda pengungsian.

Disisi lain, banjir tersebut juga ikut menewaskan tiga badak langka bercula satu di Taman Nasional Kaziranga yang merupakan situs warisan dunia UNESCO. Sebanyak 2.500 dari 3.000 populasi badak dunia hidup di taman nasional seluas 430 km persegi itu.

“Lebih dari 90 persen Taman Nasional Kaziranga terendam air,” kata Menteri Kehutanan Assam Pramila Rami.

Sementara itu, ketinggian air di Sungai Brahmaputra diperkirakan akan terus naik hingga akhir pekan ini, lalu kemudian akan berangsur normal.

(Dany)

To Top