Kaba Terkini

Hujan Lebat, Sago Direndam Banjir, Nenek Tua Nyaris Hanyut

Manggopoh, kaba12 — Dampak hujan lebat yang mengguyur wilayah Lubukbasung sepanjang Selasa, (16/4) hingga malam memicu banjir di berbagai lokasi.

Termasuk di Jorong Sago, Nagari Manggopoh, kecamatan Lubukbasung, luapan banjir menyebabkan setidaknya 5 rumah warga direndam banjir setinggi 1 meter.

Yang memprihatinkan, akibat luapan banjir yang muncul tiba-tiba itu, seorang nenek nyaris dihanyutkan arus banjir yang cukup deras. Sang nenek yang sendirian di rumahnya itu, berhasil diselamatkan para tetangganya.

Diduga, banjir yang merendam kawasan itu akibat tersumbat saluran air sehingga luapan air meluap sampai kawasan SMAN 3 Lubukbasung di Sago, Manggopoh.

Menurut Aldi, warga Sago yang juga salah seorang korban terdampak banjir, luapan banjir yang muncul tiba-tiba membuat warga panik.

Disebutkan, volume banjir yang merendam kawasan itu cukup tinggi yang diduga akibat tersumbatnya saluran irigasi dan gorong-gorong, ” hal itu sudah kami laporkan pada wali jorong, ” sebutnya.

Dijelaskan akibat banjir itu, setidaknya 5 rumah warga terdampak cukup parah, masing-masing rumah Nyiak Sani, Suci, Tayap, One dan Yen.

Menanggapi kondisi itu, wali nagari Manggopoh Martha Rano Pati, pihaknya langsung mendatangi lokasi dan akan melaporkan pada BPBD Agam.

” Kita berharap segera bisa dicarikan solusi, untuk mengantisipasi dampak terhadap masyarakat, mengingat kondisi cuaca ekstrem masih terus terjadi, ” sebutnya. –

Respon senada disebutkan Kabid. KL BPBD Agam Ichwan Pratama Danda, yang menyebutkan pihaknya akan segera turun ke lokasi kejadian untuk memantau dampak banjir tersebut.

(HARMEN)

To Top