Kaba Terkini

Hujan Lebat Dera Kabupaten Agam, Warga Diminta Waspada

Lubukbasung, kaba12.com — Hujan lebat yang mendera mayoritas wilayah kabupaten Agam sejak Sabtu,(11/6) siang memicu banjir di berbagai kawasan.

Mayoritas kawasan yang terdampak banjir, terutama titik yang selama ini dikenal rentan luapan air, baik di pusat pemerintahan kabupaten Agam, di sepanjang ruas jalan propinsi, beberapa kawasan pemukiman di Titisan Tunggang, di Pulai, Simpang IV Tangah dan beberapa titik lain.

Sejauh ini, belum diperoleh informasi dampak hujan lebat dari berbagai kecamatan, khususnya yang selama ini dikenal rawan bencana, terutama di Kecamatan Ampek Nagari, Palembayan, Tanjung Mutiara,Tanjung Raya, Palupuah, IV Koto, Sungai Pua dan beberapa kecamatan lain.

Dari kecamatan Tanjung Mutiara, seperti disebutkan Weri Ihwan,Kasi.PMN Tanjung Mutiara, Sabtu sore hujan lebat disertai angin kencang, mendera mayoritas wilayah tersebut. Pihaknya belum mendapatkan laporan terkait adanya dampak terhadap masyarakat. Namun, disebutkan beberapa kawasan sudah tergenang banjir.

Informasi serupa diperoleh kaba12.com di kecamatan Tanjung Ray yang menyebutkan, beberapa kawasan dan ruas jalan sudah tergenang banjir, “ hujannya awet sejak siang, mudah-mudahan tidak terjadi hal-hal yang luar biasa, “ ungkap Nusyirwan, warga Muko-Muko kepada kaba12.com.

Menyikapi kondisi cuaca sepanjang Sabtu ini, Rahman, Asisten I Sekab.Agam menyebutkan, pihaknya sudah mengkoordinasikan seluruh jajaran terkait dengan kebencanaan untuk bersiaga mengantisipasi dampak terhadap masyarakat.

Disebutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepala BPBD Agam, Kadishub.Agam, Kasat. Pol.PP-Damkar Agam, Kadinas Sosial dan seluruh jajaran kecamatan untuk memaksimalkan koordinasi jika terjadi hal-hal yang berpotensi merugikan masyarakat.

“ Mudah-mudahan tidak ada hal-hal luar biasa yang bisa merugikan masyarakat. Kita berupaya maksimal mengantisipasi dampak pada masyarakat, apalagi kondisi cuaca seperti saat ini, “ sebut Rahman.

Asisten I Sekab.Agam itu juga menghimbau masyarakat untuk selalu siaga dan waspada, dan meminta warga mengurangi aktivitas di luar rumah jika kondisi cuaca buruk, menghimbau akses jalan yang rawan longsor dan banjir, serta segera menginformasikan pada aparat pemerintahan jika terjadi masalah di lapangan.

HARMEN

To Top