Kaba Terkini

HKBN 2017 – Sirine Tone Rill Tsunami Dibunyikan Serentak se-Indonesia

Padang Panjang, KABA12.com — Rabu (26/04) Pukul 10.00 WIB, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) provinsi Sumatera Barat akan membunyikan sirine tsunami dengan tone rill selama  enam menit.

Hal itu dilakukan dalam rangka pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang diperingati setiap 26 April.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Silaiang Bawah kota Padang Panjang Rahmat Triyono menyebutkan, pembunyian sirine dengan tone rill tsunami sejak tahun 2007 belum pernah diujicoba.

“Biasanya BMKG juga membunyikan nada test tsunami setiap tanggal 26 disetiap bulannya, namun saat pencanangan HKBN 26 April besok, BMKG akan mengaktivasi sirine tsunami dengan bunyi tone rill tsunami selama 6 menit,” ujarnya saat dikonfirmasi KABA12.com, Senin (24/04).

Ia menjelaskan, biasanya pembunyian sirine yang dilakukan rutin setiap bulan hanya berdurasi 3 menit, namun pukul 10.00 WIB Rabu (26/04) besok, sirine akan dibunyikan dua kali tanpa jeda selama enam menit, “dan itu dilakukan serentak di seluruh Indonesia, untuk pertama kalinya,” sebutnya lagi.

_Klik untuk mendengarkan contoh bunyi sirine peringatan tsunami_

Di Sumbar, bunyi sirine akan terdengar dari sirine Pasaman Barat, Agam, Pariaman, Padang Pariaman, Padang, dan sirine Pesisir Selatan.

Rahmat Triyono juga menjelaskan, selain mengaktivasi dalam pencanangan HKBN tahun 2017, juga akan dilakukan latihan evakuasi mandiri dan uji shelter (tempat evakuasi) secara nasional.

“Hal ini dilakukan guna  meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana, dan akan menjadi evaluasi bagi daerah,” ulasnya.

(Jaswit)

To Top