Kaba Terkini

Hindari 5 Kebiasaan Ini Sebelum Tidur

life, KABA12.com —  Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Faktor keamanan harus dibangun untuk mengatasi kemungkinan terjadinya gangguan ketika kita sedang tidur. Untuk itu selalu periksa keamanan rumah sebelum tidur.

Seperti yang dilansir Klik Dokter, ada beberapa hal yang harus dihindari sebelum tidur;

1.Makan berat

Makan sebelum tidur sudah pasti harus dihindari untuk tidur yang berkualitas. Selain bikin timbangan melonjak, makan berat sebelum tidur juga meningkatkan produksi asam lambung.

Jika Anda memiliki magg dan dianjurkan untuk makan kudapan sebelum tidur, cukup sediakan kudapan kecil seperti biskuit gandum.

2.Main gadget

Hal ini disebabkan oleh adanya blue light dari LED yang dipancarkan oleh gadget. Blue light akan mengurangi peroduksi melatonin dalam tubuh. Akibatnya, proses tidur akan memakan waktu yang lebih lama.

3.Membaca buku

Membaca buku sebelum tidur ternyata juga tidak baik. Apalagi jika bacaan tersebut membutuhkan banyak konsentrasi atau membangkitkan emosi.

Resikonya, aktivitas kognitif di otak akan meningkat sehingga otak tidak tenang saat tidur dan sulit mencapai fase tidur nyenyak.

4.Tidak mematikan lampu

Sama seperti gadget, beberapa lampu hemat energi juga menggunakan teknologi LED yang memancarkan blue light. Tidur dalam keadaan lampu yang terang benderang dapat mempersulit proses tidur.

Jika Anda tidak suka tidur dalam keadaan gelap, gunakan lampu tidur dengan cahaya yang redup untuk memberikan sedikit penerangan.

5.Menghangatkan suhu ruangan

Banyak orang beranggapan, udara yang hangat lebih nyaman untuk tidur. Ternyata, hal ini tidak sepenuhnya baik untuk kualitas tidur Anda. Suhu yang lebih rendah atau dingin justru membantu mengurangi insomnia dan memperbaiki kualitas tidur.

Jadi, pertahankan suhu ruangan sekitar 19-21 0C. Atau, maksimalkan sirkulasi udara di ruangan Anda agar suhu udara menjadi lebih sejuk.

(Tim Liputan)

To Top