Kaba Kuliner

Gulai Anyang Masakan Asli Tanah Datar

Gulai anyang merupakan masakan asli dari daerah Tanah Datar -Batu Sangkar – Sumatera Barat.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, bukan nya masakan anyang dari minang itu seperti urap ya ? terdiri dari sayuran yang di rebus dan ditaburi oleh parutan kelapa yang sudah dibumbu dengan kucuran jeruk nipis ? tapi kenapa anyang yang ini berkuah ? naah disitulah keunikan dari gulai anyang ini.

Gulai anyang biasanya hadir dalam perayaan-perayaan adat di tanah datar, atau hari-hari besar agama islam seperti lebaran Haji, menu ini wajib dihidangkan. Saking istimewa nya gulai anyang ini, ada istilah, kalau tidak ada gulai anyang dalam hidangan, belum ber hari raya nama nya.

Bahan utama pembuatan gulai anyang ini sering nya menggunaka jeroan sapi seperti usus, limpa dan babat. Karena memang lemak yang berasal dari jeroan ini menghasilkan kuah gulai yang lebih lezat.

Keunikan lain nya dari gulai anyang ini adalah pemakaian bumbu ketumbar segar dalam masakan. Berbeda dengan masakan dari daerah lain di Sumatra Barat yang jarang menggunakan ketumbar, di Tanah Datar ini, hampir semua masakan khas nya menggunakan ketumbar, termasuk dalam pembuatan rendang.

Oleh sebab itu, hampir di setiap halaman rumah di Tanah Datar dapat kita jumpai pohon ketumbar. Untuk di Jakarta sendiri, agak sulit mencari ketumbar segar, biasanya ketumbar yang banyak di pasar adalah ketumbar yang sudah kering.

Di musim hujan seperti sekarang ini, menu gulai anyang ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk di santap. Selamat Menikmati.

(Sumber: ioflife.com)

To Top