Kaba Kuliner

Godok Batinta, Cemilan Khas Minang

Instagram: @gramho

Berjalan-jalan ke tempat penjualan pabukoan (takjil) di Ruang Taman Iman Bonjol Padang, Sumatera Barat, banyak menu yang disajikan mulai makanan ringan sampai makanan berat.

Namun satu hal yang mengundang lirikan mata yaitu makanan yang dikenal dengan godok batinta itu salah satu.

Godok Batinta merupakan cemilan khas dari Sumatera Barat yang bahan utamanya adalah pisang dan tepung beras.

Teristimewa dari godok batinta ini adalah tekstur bagian dalamnya yang lembut dan kriuk-kriuk dibagian luarnya nan begitu menggugah selera bagi siapa saja yang mencicipinya.

Menurut Yeni (39) yang telah menggeluti usaha ini secara turun temurun, disebut godok batinta karena dilumuri oleh gula merah yang berwarna coklat kehitaman. Orang minang menyebutnya dengan gulo Saka.

Untuk proses pembuatan godok batinta beberapa bahan yang disiapkan seperti pisang kapok kemudian digiling bersama tepung beras, bahan lain yang disiapkan kelapa parut dan garam. Aduk semuanya, kemudian seukuran kepalan tinju anak-anak lalu digoreng hingga warna kekuning-kuningan,” ujarnya.

Nah untuk membuat tintanya cukup panaskan air, tambahkan gula jawa serta daun pandan, masak hingga gula merah cair dan kental.

Setelah gula merah mengental, berarti tinta siap disiramkan pada godok yang sudah digoreng tadi. Untuk memproses godok batinta ini membutuhkan waktu dua jam.

Rasa manis yang dominan ditambah dengan tekstur dalamnya yang lembut membuat kenikmatan yang tersendiri bagi yang mencicipinya. Satu godok ini diberi harga Rp1.500, sekali pembuatan kita ada sekitar 100 biji godok ini.

(Sumber: lifestyle.okezone.com)

To Top