Kaba Pemko Bukittinggi

Gebu Minang Kembalikan Kearifan Lokal

Padang, KABA12.com — Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (Gebu Minang) telah melantik Ketua DPD seluruh daerah di Sumatera Barat periode 2018-2023. Pelantikan beberapa tokoh masyarakat  oleh Ketua DPP Gebu Minang, Oesman Sapta Odang tersebut, berlangsung di Auditorium Hotel Bumi Minang, Kamis (08/02).

Ketua DPW Gebu Minang Sumatera Barat, H. Boy Lestari DT. Palindih mengungkapkan Gebu Minang merupakan organisasi yang bertujuan untuk mempertahankan budaya dan memajukan ekonomi Sumatera Barat. Dengan adanya Gebu Minang tentu menjadi salah satu upaya pembuktian di mata Nasional serta Internasional bahwa masyarakat Minang merupakan SDM yang kuat di bidang agama, budaya dan ekonomi.

“Gebu minang merupakan langkah awal kebangkitan orang Minang untuk mengawal budaya Minang dan memajukan perekonomian. Ini yang harus dipertahankan. Untuk itu, para Ketua DPD Gebu Minang seluruh daerah di Sumatera Barat diharapkan dapat segera melakukan konsolidasi organisasi. Dengan gerakan ini, kita juga buktikan bahwa orang Minang dapat membantu pemerintah dalam pembangunan dan perekonomian,” jelasnya.

Beberapa kepala daerah pun didaulat sebagai Ketua DPD Gebu Minang didaerahnya. Namun tak sedikit pula, tokoh masyarakat yang dilantik sebagai Ketua DPD. Seperti, H. Syahrul, DT. Dikoto, tokoh Kurai yang juga konsen di bidang pendidikan inkulis, seni dan budaya dilantik sebagai Ketua DPD Bukittinggi serta H. Andri Warman, seorang pengusaha biro perjalanan dan cargo AWR Sikumbang dan dinilai memiliki sosial tinggi sebagai Ketua DPD Gebu Minang Agam.

H. Syahrul, Ketua DPD Gebu Minang Bukittinggi, mengungkapkan, gerakan ini menjadi sebuah kesempatan untuk mengembalikan sistem ekonomi dan budaya sesuai kearifan lokal yang dimiliki. Gebu Minang merupakan organisasi dari Minang oleh orang Minang dan untuk masyarakat Minang.

“Sekarang kita sudah terlalu jauh bergeser, sangat banyak merusak tatanan, tercabut dari akar yg sudah ditanam oleh leluhur kita. Sehingga kita tidak lagi berekonomi dan berbudaya seperti kita yang sebenarnya. Dengan adanya Gebu Minang ini semua itu haris kita kembalikan,” ujar tokoh yang akrab disapa H. Anggun itu saat dihubungi KABA12.com, Sabtu (10/02).

Sementara Ketua DPD Gebu Minang Kabupaten Agam, H. Andri Warman menyampaikan kesiapannya untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan masyarakat Minangkabau melalui Gebu Minang ini. Selain itu, akan berupaya menghidupkan kembali budaya tradisional yang mulai hilang di tengah perkembangan zaman.

“Tentunya hal ini akan diupayakan dengan memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. Sementara, untuk menghidupkan kembali budaya tradisional, DPD Agam akan  melibatkan Niniak Mamak sehingga lebih kuat dalam konsolidasinya. Untuk kepengurusan juga akan melibatkan seluruh kecamatan dan program disinergikan secara keseluruhan,” ujar Andri Warman.

(Ophik)

To Top