Kaba Terkini

Erupsi Gunung Marapi, BPBD Agam Turunkan Personi, Status Waspada Level II

Lubukbasung,kaba12 — Pasca erupsi Gunung Marapi sekitar pukul 14.54 WIB, yang mengejutkan warga di wilayah Bukittinggi, Kabupaten Agam, Tanah Datar, Padang Panjang dan sebagian Padang Pariaman membuat warga bersiaga.

Informasi yang diperoleh dampak bunyi dentuman dan gelegar keras yang kemudian disusul dengan semburan abu yang langsung menyebar ke berbagai lokasi, tidak hanya di sekitar kawasan pinggang Gunung Marapi, tapi juga sampai ke Kota Bukittinggi, Kecamatan Ampek Angkek, Kecamatan Baso dan beberapa lokasi lain.

Badan Geologi, PVMBG, Pos Pengamatan Gunung api Marapi, juga telah keluarkan informasi terkait hal itu, dimana telah terjadi erupsi Gunung Marapi, pada tanggal 03 Desember 2023 pukul 14:54 WIB. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara, ± 4 menit 41 detik.

Saat ini Gunung Marapi berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi, masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki pada radius 3 km dari kawah/puncak.

Menyikapi perkembangan kondisi di lapangan terutama untuk mengantisipasi dampak yang berpotensi di lapangan, selain himbauan secara intensif dilakukan melalui pengeras suara di berbagai lokasi yang dipasang warga bersama KSB, agar warga segera masuk ke rumah masing-masing, tim BPBD Agam juga sudah bergerak ke wilayah terdampak.

Informasi yang diperoleh kaba12, BPBD Agam sudah menerjunkan personil bersama 2 armada bantuan, yang mengantisipasi dampak terhadap masyarakat, “kita sudah koordinasi, mudah-mudahan tidak ada hal yang luar biasa, “ sebut Bambang Warsito, kepala BPBD Agam.

Disisi lain, Bambang Warsito menghimbau warga untuk selalu waspada, dan meminta masyarakat untuk mematuhi himbauan petugas di lapangan, mengantisipasi dampak yang berpotensi dialami warga, termasuk dampak penyebaran abu vulkanik dan batu-batu kecil yang menyebar di berbagai lokasi.

-HARMEN-

To Top