Kaba Terkini

Erosi Picu Ambruknya Jembatan Cipamingkis

Bogor, KABA12.com — Setelah ambruk Kamis (13/04) lalu, Dinas Bina Marga Provinsi  Jawa Barat langsung turun kelapangan demi meninjau langsung kondisi Jembatan Cipamingkis, di Kampung Jagaita, Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Dari hasil analisis sementara, ambruknya jembatan tersebut, ditenggarai oleh erosi air sungai terhadap tanah yang berada dibawah jembatan. Kepala Balai Pengelolaan Jalan dan Penataan Ruang, Yongga Bhakti mengatakan hal tersebut membuat tiang penyangga mengalami penurunan serta diperburuk oleh kendaraan berat yang melintasi jembatan naas tersebut.

“Salah satu tiang penopang jembatan setinggi 15 meter ambles hingga 1,6 meter. Kondisi itu menyebabkan jembatan melengkung di tengah dan membahayakan bila dilewati kendaraan,” ucap Yongga, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (14/04).

Selain itu, Pemprov Jawa Barat dikabarkan sudah menganggarkan untuk perbaikan jembatan tersebut hingga mencapai Rp 7 Miliar. Namun, Yoga menambahkan melihat kondisi sekarang perbaikan jembatan tersebut akan memakan waktu lama dan menghabiskan dana hingga Rp 30 Miliar.

“Perbaikan pondasi tiang itu sudah dianggarkan pemerintah provinsi pada 2017. Sekarang sudah masuk tahap tender, tapi jembatannya keburu ambles,” tutupnya.

(Dany)

To Top