Kaba Terkini

DPRD Agam Minta Pemerintah Optimalkan Warga Penerima Bantuan Sosial

Lubukbasung, kaba12.com — Kalangan DPRD Agam minta pemerintah untuk melakukan kajian dan evaluasi serius terhadap warga penerima bantuan sosial yang masih banyak yang belum terdata dengan baik.

Bahkan, secara kasat mata, banyak warga yang layak dan berhak mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah, apalagi dimasa pandemic ini, justru tidak mendapatkan bantuan dengan berbagam dalih dan alasan klasik, terutama masalah pendataan.

Berbagai masalah yang mencuat di lapangan, diharapkan bisa menjadi bahan kajian untuk mengevaluasi proses penyaluran bantuan termasuk data-data warga yang mesti secara konsistensi menjadi perhatian, apalagi dampak pandemic covid-19, angka kemiskinan diprediksi mengalami peningkatan.

Hal itu menjadi catatan dan perhatian serius kalangan DPRD Agam, seperti disebutkan ketua DPRD Agam Dr.Novi Irwan, bersama beberapa anggota dewan lainnya seperti M.Ater Dt. Manambun, Joni Putra Dt.Bintaro Hitam, Noveri Edios, Ardinal, Epi Suardi, Hendrizal dan lainnya.

Apalagi, beberapa waktu belakangan mencuat informasi tentang kondisi Aslidar, nenek berusia 82 tahun warga Jorong Sikabu, Nagari Kampuang Tangah, kecamatan Lubukbasung, yang tidak mendapatkan bantuan sosial, sementara kondisinya memprihatinkan, termasuk banyak warga lainnya yang ditengarai belum tersentuh pendataan secara konkrit.

Diharapkan M.Ater Dt.Manambun, pemerintah secara berlapis mulai dari tingkat jorong, nagari, kecamatan dan kabuaten secara bergenjang bisa melakukan kajian itu, terutama untuk mengantisipasi mencuatnya masalah serupa ditengah masyarakat.

Sementara menurut Joni Putra Dt.Bintaro Hitam berharap, unsur terkait di Pemkab.Agam mesti melakukan evaluasi dan kajian terhadap warga yang layak menerima bantuan sosial itu, “ hal itu mesti dilakukan bersama, termasuk kalangan Pers dalam menyampaikan informasi pada unsur terkait, “harapnya.

Disisi lain, kalangan DPRD Agam juga mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan jajaran Dinas Sosial Agam bersama pemerintah nagari, sehingga solusi terhadap masyarakat yang membutuhkan bisa segera direalisasikan, “ hal ini mesti lebih ditingkatkan, karena banyak warga yang membutuhkan perhatian kita bersama, “ungkap Noveri Edios.

HARMEN

To Top